Jepang Perangi Akibat Penggunaan Internet Berlebihan Dengan Game Soul Negotiator

| Oleh: Yudi | 07 Mar 2016 - 9:00 AM
54
0
jepang perangi dampak internet dengan game

Kecanggihan teknologi yang berkembang sangat pesat tentunya sangat membantu dalam beraktivitas. Menariknya lagi, semuanya hampir bisa dilakukan hanya dalam satu sentuhan melalui layar gadget, termasuk smartphone. Maka tak heran jika banyak yang ketagihan memainkan smartphone-nya.

Bahaya ketagihan memainkan smartphone ini rupanya membuat Gree Inc., sebuah perusahaan asal Jepang, menciptakan game yang menarik sekaligus bisa mengajari bagaimana cara menggunakan smartphone dengan baik dan menyadarkan akan bahaya menggunakan smartphone secara berlebihan.

game soul negotitator

Bernama Soul Negotiatior, di mana cerita dimulai dengan kedatangan karakter yang menamakan dirinya Grim Reaper. Dia akan mengambil jiwa teman-teman sekolah si karakter utama dan untuk mencegah hal itu terjadi, si karakter utama diberikan waktu lima hari untuk membebaskan mereka.

Sebelum bermain, player dapat memilih jagoan berupa laki-laki atau perempuan. Dalam permainan, mereka akan dihadapkan pada 10 alur cerita berbeda. Setiap alur cerita terdapat pertanyaan yang harus dijawab oleh player. Pertanyaan tersebut terkait dengan masalah penggunaan smartphone; seperti kecanduan internet, pornografi, penyalahgunaan akun, hacking, dan internet bullying. Jawaban yang dipilih akan berpengaruh pada ending yang didapat, yaitu happy, normal, atau bad ending.

Ada 12 karakter dengan latar belakang menarik dan seluruhnya hadir dalam bentuk anime. Lalu untuk mempermudah penyampaian pesan tentang bahaya menggunakan smartphone secara berlebihan, alur cerita dalam game ini dibuat sedemikian rupa agar mirip dan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari.

grim reaper di soul negotiator

Pihak Gree Inc. membuat game ini karena melihat banyaknya kasus kejahatan di dunia maya yang mampu dilakukan dengan mudah melalui gadget. Menurut data Kementrian Pendidikan Jepang, di Jepang sendiri sudah dilaporkan sebanyak 8.787 kasus kejahatan berupa internet bullying yang terjadi di masa sekolah (SD, SMP, SMA). Untuk itu, pendidikan mengenai penggunaan smartphone sangat penting.

Pertama kali diluncurkan bulan Oktober 2014, Soul Negotiator berhasil meraih penghargaan Japan E-Learning Awards 2015. Bahkan bulan April mendatang, para guru di Jepang akan menggunakan game ini untuk mengajarkan muridnya bagaimana menggunakan smartphone dengan baik.

Sebenarnya game ini bisa diunduh gratis di Google Play dan App Store. Game ini gratis dan size-nya tak terlalu menguras memory. Hanya saja semuanya masih berbahasa Jepang. Semoga saja dalam waktu dekat nanti akan dirilis yang versi Bahasa Inggris

.