Jelang AFAID15: Pesta Pecinta Anime Digelar di JIEXPO Kemayoran

| Oleh: Yudi | 22 Sep 2015 - 1:45 PM
28
0
anisong di afaid15

Tinggal beberapa hari lagi menjelang perhelatan event Japan Pop Culture terbesar di Asia. Apalagi kalau bukan Anime Festival Asia Indonesia (AFAID). Meskipun awalnya sempat tersandung masalah tanggal, namun akhirnya AFAID15 kembali hadir menyapa kita dan menjanjikan keseruan bagi pecinta anime dan budaya pop Jepang.

Sebagai info, tahun ini AFAID telah menginjak kali keempat sejak kehadirannya di tahun 2012. Tiap tahunnya biasanya AFAID menyuguhkan sesuatu yang baru dan selalu seru. Bagaimana dengan tahun ini?

Berlokasi di JIEXPO, Kemayoran, AFAID15 masih mengusung konsep exhibition dan stage. Exhibition yang menggunakan Hall B3 berisi berbagai macam booth yang menjual barang-barang hobi dan koleksi, seperti Gundam, action-figure, nendoroid, figma, trading card, CD dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan juga booth merchandise resmi AFAID15 yang pastinya wajib disinggahi.

tema anime di afaid15

AFAID juga kembali menghadirkan booth Japan Culture milik Danny Cho yang terkenal dengan maskot Mirai Suenaga-nya. Tahun ini, AFAID15 juga mendatangkan official goods dari beberapa karakter dan anime ternama, seperti ALDNOAH/ZERO, Kantai Collection, dan Hatsune Miku. Hebatnya lagi, semua barang tersebut didatangkan langsung dari Jepang!

Sambil berburu barang koleksi dan merchandise resmi, kita juga bisa melihat penampilan cosplayer yang berlalu-lalang dalam Exhibition Area. Ikut berfoto atau hanya memotret? Tentu saja boleh, dan gratis! Untuk event sekelas AFAID, kayaknya sudah jaminan kalian akan melihat cosplayer dengan kostum yang luar biasa. Jangan lupa untuk mengikuti sesi tanda tangan dari artis-artis Anisong yang hadir di AFAID15.

Lapar tiba-tiba? Jangan khawatir, AFAID punya cafe khusus yang bernama Moe Moe Kyun Maid Cafe. Apa bedanya dengan cafe biasa? Di cafe ini kalian bisa memilih untuk dilayani oleh maid (pelayan wanita) atau buttler (pelayan pria). Sebelum makan, menu kalian juga akan dihias dan saat makan kalian akan ditemani oleh pelayan tersebut. Ini salah satu pengalaman unik yang harus kalian rasakan.

Bagaimana dengan Stage Area? Menggabungkan Hall B1/B2, Stage Area atau disebut juga Anisong Stage akan menghadirkan pertunjukan artis-artis Anisong. Deretan artis yang hadir di AFAID15 Anisong Stage adalah FLOW, GARNiDELiA, motsu X KAYA, nano, fripSide, DJ-KAZU-, LiSA, dan yanaginagi.

para seiyu di afaid15

Stage Area juga akan menayangkan screening dari anime yang paling ditunggu-tunggu, seperti Boruto: Naruto The Movie, Love Live! The School Idol Movie, Attack on Titan Movie, Date A Live Movie, Yowamushi Pedal, Assassination Classroom, dan masih banyak lagi.

Selain itu ada juga penampilan dari special guest, seperti para seiyuu (pengisi suara) anime ternama dan kompetisi cosplay tingkat regional yang disebut ARCC (AFA Regional Cosplay Competition). Dalam kompetisi ini hadir juga cosplayer ternama yang menjadi bintang tamu. Tahun ini nama-nama Otogi Nekomu, Angie, YingTze, Pinky Lu Xun, KANAME, Liui, Baozi & Hana, Punipun, Richfield, dan Ely akan meramaikan panggung ARCC sebagai performer sekaligus juri.

Wah, rasanya seru sekali, ya? AFAID15 akan digelar selama tiga hari, yaitu tanggal 25, 26, 27 September 2015. Untuk yang belum memiliki tiket, masih ada kesempatan untuk memesan secara online, agar tak perlu mengantre panjang di lokasi nanti. Jenis tiketnya cukup beragam, berikut pembagiannya:

Exhibition: Rp 95.000/hari
Stage+Exhibition: Rp 210.000/hari

Anisong Concert (termasuk Stage+Exhibition) GA/Standing:
Rp 520.500/hari
Rp 980.500/dua hari (paket)

Anisong Concert (termasuk Stage+Exhibition) VIP:
Rp 1.038.000/hari
Rp 1.958.000/dua hari (paket)

Harganya cukup mahal memang. Tapi sangat sebanding dengan apa yang bisa didapat di AFAID15 ini. Sambil menunggu beberapa hari lagi, kalian bisa mulai membuat daftar barang yang akan dibeli di sana dan memutuskan akan menonton penampilan dari siapa. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa lihat di web resmi AFAID15, Facebook AFAID15 atau Twitter AFAID15.

.