Jebakan Dunia Virtual di Game Sword Art Online Makin Nyata Dalam Versi VR

| Oleh: Yudi | 25 Feb 2016 - 7:45 AM
781
0
sword art online virtual reality

Seringkali kemajuan teknologi pada akhirnya akan mampu mewujudkan apa yang tadinya hanya merupakan fantasi atau kisah fiksi ilmiah. Baru-baru ini IBM menyatakan akan membuat versi Virtual Reality dari game Sword Art Online (SAO), sebuah game yang berkisah tentang para pemain game yang terjebak di dunia virtual. Tujuannya apa lagi kalau bukan agar fans SAO benar-benar merasakan pengalaman seperti Kirito, tokoh utama dalam game tersebut.

Sword Art Online sebetulnya adalah light novel karya Reki Kawahara. Novel ini sangat populer dan juga telah diadaptasi menjadi manga serta serial anime. Bercerita tentang game Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (VRMMORPG) yang hadir di tahun 2022, yaitu Sword Art Online. Untuk bermain, player harus memakai helm bernama NerveGear. Helm ini akan menghubungkan perintah dari otak, sehingga player dapat merasakan dan mengontrol karakter mereka di dalam game hanya dengan pikiran.

 

versi VR sword art online

Dalam kisahnya, ketika game SAO ini dirilis pertama kali, sebanyak 10 ribu player melakukan login dan celakanya mereka ternyata tak bisa logout, alias terjebak di dalam dunia virtual. Hanya ada satu jalan untuk keluar, yaitu dengan mengalahkan boss. Parahnya lagi, apa yang dialami karakter dalam game akan dirasakan juga oleh player. Itu berarti jika karakter dalam game mati, player juga akan ikut mati.

Nah, tanggal 22 Februari kemarin, IBM Jepang mengumumkan sebuah project untuk mengembangkan game SAO dalam versi VR. Hal ini bertujuan agar seluruh fans SAO bisa turut merasakan pengalaman seperti Kirito, tokoh utama dalam novel tersebut.

Project ini menggunakan next-generation computing system yang disebut Cognitive System. Ini adalah sistem terbaru yang mampu mendukung manusia untuk mengambil sebuah keputusan. Sehingga nantinya game ini tak membutuhkan kontroler, melainkan player yang harus menggerakkan tubuhnya sendiri untuk bermain.

virtual reality game sword art online

Sedangkan untuk menghadirkan suasana virtual dari dunia nyata, project ini menggunakan sistem cloud berkinerja tinggi dari IBM yang disebut SoftLayer. Dengan gabungan kedua sistem canggih tersebut, bisa dipastikan kalian akan merasa tinggal di dunia yang baru, sebuah dunia virtual.

Bahkan sang novelis, Reki Kawahara sendiri mengatakan bahwa game berjudul lengkap Sword Art Online: The Beginning ini nantinya akan memberikan pengalaman yang betul-betul berbeda dibanding game VR lainnya. Untungnya game ini berbeda dengan game SAO yang ada dalam novel. Ya, kalian tak perlu takut ikut merasakan sakit atau mati ketika karakter kalian dalam game terluka.

Belum ada kepastian kapan project ini akan dirilis. IBM sendiri masih akan melakukan beberapa uji coba prototype yang akan dilakukan di Tokyo tanggal 18 dan 20 Maret mendatang. Melalui situs resminya, mereka juga membuka pendaftaran bagi 208 orang yang ingin mengikuti uji coba ini. Pendaftaran ini dibuka hingga tanggal 4 Maret. Ada yang tertarik? Atau malah takut terebak betulan dalam game VR ini? Hehehe!

.