Inilah Infinity Stone Yang Telah Muncul di MCU: Dari Film Iron Man Hingga Doctor Strange

| Oleh: Kylo | 26 Oct 2016 - 5:00 PM
1423
0
infinity stone space stone

Dari fase pertama hingga fase ke tiga, segala hal yang ada saat ini di Marvel Cinematic Universe berhubungan dengan Infinity Stone. Infinity Stone merupakan enam buah obyek yang memiliki kekuatan sangat dashyat yang mewakili aspek yang berbeda-beda dari alam semesta. Diciptakan oleh mahluk kosmik yang misterius, Infinity Stone akan menjadi fokus utama dari film kulminasi dari fase ketiga MCU, Avengers: Infinity Wars, yang baru akan tayang dua tahun lagi.

Di komiknya ataupun di MCU, ada satu alien yang mengobrak-abrik alam semesta untuk memperoleh keenam Infinity Stone yang ada. Ia adalah Thanos, pemimpin dari pasukan alien Chitauri dan juga yang melakukan kerjasama dengan Loki dan Ronan the Accuser. Muncul pertama kali di post-credit scene The Avengers (2012) berbekal Infinity Gauntlet, sang Mad Titan sudah mulai melakukan pencarian sendiri mengenai keberadaan dari artifak-artifak kuno yang mempunyai kekuatan maha dashyat itu. Dimulai dari film Iron Man (2008) hingga yang paling gress, Doctor Strange yang bisa disimak resensi filmnya di link ini. Beberapa Infinity Stone telah terungkap. Berikut beberapa Infinity Stone yang telah terkuak di beberapa film MCU dan juga yang masih menjadi misteri.  

Space Stone
Debut: Captain America: The First Avengers (2011)
Dikenal sebagai Tesseract, Infinity Stone ini pertama kali dimiliki oleh Odin sebelum akhirnya berpindah tangan ke umat manusia. Pada tahun 1942, Johann Schmidt alias Red Skull berhasil menemukannya relik misterius yang ternyata berada di kota Tønsberg, Jerman. Pada film The Avengers, Loki menggunakan mesin buatan Erik Selvig yang tenaganya berasal dari Tesseract untuk membuka lubang hitam di atas Stark Tower sebagai pintu pasukan Chitauri yang berada di angkasa luar untuk menginvasi Bumi. Item berbentuk kubus ini sebenarnya adalah tempat penyimpanan dari Space Stone yang berwarna biru.

infinity stone ronan the accuser

Mind Stone
Debut: The Avengers (2012)
Tongkat yang digunakan Loki di film The Avengers yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi pikiran orang itu ternyata adalah tempat penyimpanan dari salah satu Infinity Stone yaitu Mind Stone. Barang pemberian Thanos itu akan memberikan pemiliknya kecerdasan yang lebih. Ketika wadahnya berhasil dihancurkan di Avengers: Age of Ultron, Mind Stone yang berwarna kuning itu digunakan sebagai alat untuk menghidupkan mahluk sintetis Vision.

Reality Stone
Debut: Thor: The Dark World (2013)
Jika Infinity Stone yang lain memiliki bentuk yang solid, The Aether yang merupakan perwujudan lain Reality Stone yang berwarna merah itu, berbentuk seperti cairan. Malekith di Thor The Dark World hendak menggunakan kekuatan dari Aether untuk mengubah realita yang ada di Sembilan realm ke dalam kegelapan. Melalui terawangan Thor, terlihat bahwa wujud sesungguhnya dari Aether adalah Reality Stone yang berwarna merah.

Power Stone
Debut: Guardians of the Galaxy (2014)
Artifak berbentuk Orb yang dicuri oleh Star Lord di awal film Guardians of the Galaxy (2014) ternyata adalah salah satu dari Infinity Stone. Dengan kekuatan maksimalnya Infinity Stone yang disebut sebagai Power Stone itu mampu menghancurkan seisi planet. Star-Lord dengan bantuan rekan-rekannya para Guardians of the Galaxy berhasil menggunakan kekuatan tersebut untuk menghancurkan Ronan the Accuser. Setelah itu mereka mengembalikan Power Stone yang berwarna ungu tersebut ke Nova Prime Irani Rael untuk disimpan di Xandar.

doctor strange eye of agamotto infinity stone time stone

Time Stone
Debut: Doctor Strange (2016)
Artefak kuno yang dibuat oleh Penyihir Agung pertama, Agamotto. Siapa saja yang dapat menggunakan kekuatan dari artifak yang tersimpan di Kamar-Taj ini akan dapat memanipulasi waktu baik memajukan atau memundurkannya, sesuka hati. Setelah The Ancient, hanya Doctor Strange yang mampu menggunakan kekuatan dari Eye of Agamotto untuk melawan Kaecilius dan Dormammu sang penguasa Dark Dimension. Menjelang bagian akhir film Doctor Strange baru dijelaskan oleh Wong, bahwa sesungguhnya Eye of Agamotto adalah media tempat penyimpanan Infinity Stone berwarna hijau, Time Stone.

Saat ini yang belum jelas statusnya adalah Soul Stone yang berwarna Orange. Sebelum film Avengers: Infinity War tiba masih ada beberapa film MCU lainnya yang akan segera tayang di tahun depan yaitu Guardians of the Galaxy Vol. 2 dan Thor: Ragnarok. Kemungkinan besar, Soul Stone akan muncul di salah satu film tersebut.

Masih dari film Doctor Strange, Ini Dia 10 Easter Egg Yang Ada di Film Doctor Strange!