Inilah Berbagai Destinasi Wisata Menarik di Jepang Bagi Pecinta Gundam

| Oleh: Yudi | 28 Jan 2017 - 8:08 PM
158
0
tempat wisata bertema gundam di jepang bagi penggemar gundam

Para penggemar anime tentu pernah punya mimpi untuk pergi ke Jepang. Alasannya sudah jelas, Jepang adalah surganya pecinta anime. Hampir semua franchise anime berasal dan tumbuh subur di sana, salah satunya adalah Gundam. Robot tempur ini semakin menyedot minat wisatawan–yang sebagian tentu saja penggemar Gundam, melalui Gundam RX-78-2 berukuran asli dan berfungsi penuh.

Jika kalian merupakan penggemar Gundam, pastikan untuk mengunjungi Diver City Tokyo Plaza. Karena ini adalah kesempatan terakhir untuk melihat RX-78-2 berukuran asli sebelum dibongkar pada tanggal 5 Maret 2017. Namun tak perlu bersedih, karena ternyata masih banyak destinasi menarik di Jepang bagi penggemar Gundam.

tiga lokasi gundam cafe di jepang

Gundam Front Tokyo
Lokasi: Diver City Tokyo Plaza (1-1-10 Aomi, Koutou-ku, Tokyo).
Jam operasi: Sepanjang tahun. Area bebas buka mulai pukul 10:00–21:00. Area berbayar buka mulai pukul 10:00–19:00.
Tiket: 1.200 Yen untuk dewasa, mahasiswa, siswa SMA. 1.000 Yen untuk siswa SMP dan SD. Gratis untuk anak-anak.

Gundam Front Tokyo (GFT) berisi berbagai toko, display, dan atraksi interaktif yang seluruhnya berhubungan dengan Gundam. Pengunjung dapat melihat dan menemukan toko Gunpla, Gundam café, toko merchandise, hingga RX-78-2 berukuran asli yang disebutkan di atas dalam area bebas akses. Sedangkan area berbayar terdapat kubah proyeksi, berbagai atraksi serta display Gundam setengah badan (bustier) berukuran asli.

Project Room-G
Lokasi: Grand Nikko Tokyo Daiba (2-6-1 Daiba, Minato-ku, Tokyo).
Jam operasi: Sepanjang tahun (ruangan bertema Gundam akan berakhir pada bulan Maret).
Tiket: Variatif, mulai 14.900 Yen–34.800 Yen per malam (tak termasuk makanan).

Project Room-G bekerjasama dengan Grand Nikko Tokyo Daiba Hotel untuk menghadirkan ruangan bertema Gundam. Ada tiga pilihan ruangan yang ditawarkan, yaitu tipe standar, tipe Jabrow (bertema pangkalan Earth Federation), dan tipe spesial. Setiap ruangan dihiasi oleh berbagai benda bertema Gundam.

Gundam Square
Lokasi: Gundam Square (2-1 Senri Bampaku Kouen, Suita-shi, Osaka).
Jam operasi: Sepanjang tahun, buka mulai pukul 11:00–22:00.
Tiket: Gratis.

Tak berbeda jauh dengan Gundam Front Tokyo, Gundam Square juga menghadirkan toko, café, dan display Gundam yang unik sekaligus ekslusif. Salah satunya berupa display Gundam Barbatos dari serial anime Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans berukuran 1:10. Serta diorama raksasa yang menunjukan adegan pertarungan antara Gundam Zaku II dan RX-78-2 di bagian depan bangunan.

Gundam Event
Lokasi: Huis Ten Bosch theme park (1-1 Huis Ten Bosch-cho, Sasebo-shi, Nagasaki).
Jam operasi: Sepanjang tahun, dengan jam yang bervariasi setiap harinya.
Tiket: 6.700 Yen untuk dewasa 18+. 5.700 Yen untuk siswa SMA dan SMP. 4.300 Yen untuk siswa SD dan anak di atas umur empat tahun.

Taman hiburan Huis Ten Bosch sedang menggelar event House of Robots, di mana Gundam menjadi bagian dari event tersebut. Mereka menghadirkan Gundam Theater spesial peringatan 37 tahun serial anime Gundam. Hadir juga berbagai display, diorama, figure berukuran besar, serta atraksi menarik lainnya. Tak ketinggalan dengan café dan toko merchandise terbatas. Event ini berlangsung hingga tanggal 5 Maret 2017.

gundam square osaka

Gundam Café
Lokasi:
Akihabara (Atre Akihabara 2, 1-1 Kanda Hanaoka-cho, Chiyoda-ku, Tokyo)
Diver City Tokyo Plaza (1-1-10 Aomi, Koutou-ku, Tokyo)
Gundam Square (2-1 Senri Bampaku Kouen, Suita-shi, Osaka)
Huis Ten Bosch theme park (1-1 Huis Ten Bosch-cho, Sasebo-shi, Nagasaki)

Jam operasi:
Akihabara: Sepanjang tahun, buka mulai pukul 10:00–19:30.
Diver City Tokyo Plaza: Sepanjang tahun, buka mulai pukul 10:00–21:00.
Gundam Square: Sepanjang tahun, buka mulai pukul 11:00–22:00.
Huis Ten Bosch theme park: Sepanjang tahun, buka mulai pukul 9:00–21:00.

Sejauh ini ada tiga Gundam café resmi yang dibuka di area Diver City Tokyo Plaza, Akihabara, dan Gundam Square Osaka. Lokasi keempat di Huis Ten Bosch hanyalah café sementara yang dibuka selama event. Keempat café ini menyajikan berbagai menu bertema Gundam, lengkap dengan kudapan dan merchandise spesialnya.

Bandai Museum
Lokasi: Huis Ten Bosch theme park (1-1 Huis Ten Bosch-cho, Sasebo-shi, Nagasaki).
Jam operasi: Sepanjang tahun, dengan jam yang bervariasi setiap harinya.
Tiket: 6.700 Yen untuk dewasa 18+. 5.700 Yen untuk siswa SMA dan SMP. 4.300 Yen untuk siswa SD dan anak di atas umur empat tahun.

Museum ini didedikasikan untuk seluruh mainan Koleksi display-nya tak hanya mainan dari Jepang namun juga seluruh dunia. Gundam sendiri mendapat tempat cukup spesial dalam museum ini dengan kehadiran figur setengah badan berukuran asli. Figur ini dibuat langsung oleh kreator Gundam, Yoshiyuki Tomino.

The Kume no Sato Zeta Gundam
Lokasi: Michi no Eki, Kume no Sato (563-1 Miyao, Tsuyama-shi, Okayama).
Jam operasi: Sepanjang tahun (display).
Tiket: Gratis.

Dibuat oleh pengrajin selama sekitar tujuh tahun, Zeta Gundam berskala 1:3 ini memiliki kokpit yang bisa dimasuki dan kaki yang bisa bergerak. Setidaknya ada enam sambungan yang bisa bergerak dengan bantuan motor elektrik dan hidrolik. Meskipun begitu, Gundam ini belum bisa berjalan secara otomatis. Zeta Gundam ini juga menjadi bagian dari perayaan ulang tahun ke-15 Kume no Sato.

Selain yang telah disebutkan di atas, sebetulnya masih ada beberapa destinasi lagi yang bisa dikunjungi penggemar Gundam. Antara lain display patung Gundam dari kuningan di Kami-Igusa Station, Tokyo serta monumen RX-78-2 dan Zakku II di Mechanical City, Inagi. Kira-kira lokasi mana yang akan menjadi destinasi utama kalian?

Masih mengenai Gundam, simak kabar terbaru RX-0 Unicorn Gundam Raksasa Siap Gantikan RX-78-2 di Diver City, Odaiba.