Inilah 5 Rahasia Mengapa Game Resident Evil 7: Biohazard Jadi Sangat Menyeramkan

| Oleh: Yudi | 15 Feb 2017 - 9:44 AM
1113
0
apa yang membuat resident evil 7 biohazard menyeramkan

Hadir dengan format baru, Resident Evil 7: Biohazard bisa dibilang cukup sukses memuaskan dahaga penggemarnya dan penggemar game horror. Hampir di semua situs review game terkemuka memberi nilai tinggi untuk game ini. Alasannya tentu saja karena Resident Evil 7: Biohazard mampu memberikan nyaris seluruh elemen penting dalam sebuah game horror.

Kupaman sendiri juga sudah memberikan review singkat dari sekitar 15 menit pertama gameplay Resident Evil 7: Biohazard dan merasa sangat puas. Nuansa tegang dan mengerikan dalam game ini terasa begitu nyata, bahkan terlalu nyata bagi orang yang tak kuat dengan sesuatu bernuansa horror. Mungkin banyak yang bertanya, apa rahasia di balik pembuatan game ini sehingga terasa begitu nyata?

Melalui wawancara dengan situs Kotaku, produser utama, Masachika Kawata, menjelaskan bagaimana timnya bekerja untuk menghadirkan Resident Evil 7: Biohazard yang betul-betul memberikan player pengalaman berbeda. Menurut Kawata, setidaknya ada lima hal yang membuat Resident Evil 7: Biohazard menjadi sangat mengerikan.

lima hal yang membuat resident evil 7 biohazard menyeramkan

Pertama adalah perubahan kamera. Game ini memiliki sudut pandang first person yang membuat player merasa seolah mereka adalah Ethan. Perubahan yang terbilang kecil ini nyatanya sukses memberikan dampak yang sangat signifikan. Kawata mengatakan bahwa dengan sudut pandang first person, player akan merasa lebih dekat pada situasi horror dalam game. “Player tak akan pernah menjadi penonton lagi di game ini,” tambahnya.

Kedua adalah konsep ruang (space). Kawata menjelaskan bahwa Resident Evil 7: Biohazard bukan hanya soal nyali dan darah, melainkan juga ruang. Kawata berhasil menciptakan berbagai perasaan gelisah dan tak nyaman bagi player ketika Ethan harus memasuki ruang-ruang sempit atau melangkah di lantai kayu yang berderit. Untuk menciptakan ini, tim mempelajari kembali mansion-mansion ikonik dalam seri Resident Evil. Salah satunya adalah Spencer Mansion atau estate dari game Resident Evil 5: Lost In Nightmare.

Ketiga adalah pendalaman tema. Berbeda dengan Resident Evil 4, kali ini Kawata memilih untuk memperkecil cangkupan tema dengan hanya berfokus pada tempat tinggal keluarga Baker. “Kami ingin kembali menghadirkan sesuatu yang membuat player kembali dan kembali lagi untuk fokus mengeksplorasi tiap lokasi di kediaman keluarga Baker secara mendetail dan mendalam,” ujar Kawata. Pendalaman tema dan pengulangan ini akan semakin mempengaruhi tingkat ketegangan saat bermain.

Keempat adalah unsur teror. Untuk mendapat racikan teror yang tepat bukan perkara mudah. Semua unsur teror yang dihadirkan dalam Resident Evil 7: Biohazard telah diperhitungkan secara mendalam. Kawata menjelaskan bahwa teror yang paling nyata dalam game ini adalah isolasi. “Terpisah dari dunia luar dan kehilangan komunikasi dengan siapapun merupakan hal paling menakutkan dan membuat frustasi,” jelas Kawata. Itu sebabnya, semua orang yang bertemu Ethan dalam game ini tak pernah berumur panjang.

masachika kawata menjelaskan perbedaan resident evil 7 biohazard dengan game resident evil lainnya

Kelima adalah elemen pendukung. Resident Evil 7: Biohazard adalah salah satu game yang kompatibel dengan perangkat VR. Penggunaan VR tentu menjadikan game ini berkali-kali lebih menyeramkan. Selain itu, game ini juga memiliki beberapa rahasia tersembunyi yang memang cukup merepotkan, namun layak diungkap karena memberikan keuntungan lebih bagi player. Elemen pendukung ini dirasa penting oleh Kawata agar player tetap merasa tertantang saat bermain.

Berkat lima hal tersebut, tak heran jika Resident Evil 7: Biohazard bisa menjadi game horror yang luar biasa–dalam beragam pengartian. Reaksi yang diraih game ini sangat positif dan membawa semangat kepada tim untuk terus produktif menciptakan sesuatu yang baru. “Kini Resident Evil memiliki lebih banyak hal yang bisa ditawarkan dan dieksplorasi. Kami berharap bisa menghadirkan pengalaman 20 tahun (kehadiran Resident Evil) lainnya kepada penggemar,” tutup Kawata.

Simak juga kabar terbaru Resident Evil 7: Biohazard di Capcom Beri Penjelasan Soal Perbedaan Sosok Chris Redfield Versi Resident Evil 7: Biohazard.