Ini Dia Themed Cafe Khusus Bagi Pecinta Game Ala Square Enix

| Oleh: Yudi | 03 Sep 2016 - 4:00 PM
65
0
square enix dirikan cafe game

Tak hanya dari musik, cosplay, anime, atau manga, pop-culture di Jepang juga turut ditunjukan dengan keberadaan themed café (café bertema). Entah siapa yang awalnya mempopularkan, namun yang jelas kehadiran themed café memberikan warna serta memiliki pengaruh tersendiri bagi para otaku dan pecinta J-Pop culture.

Puluhan themed café di Jepang umumnya menghadirkan tema yang diambil dari berbagai anime, manga, atau game terkenal. Namun tak jarang ada café yang temanya sangat khusus, seperti ada sebuah café yang memperkenalkan tujuh profesi terpopuler di Jepang pada pengunjungnya.

cara baru menikmati game

Geliat themed café ini ternyata juga digunakan oleh berbagai pihak atau perusahaan dalam melakukan promosi. Seperti yang baru diumumkan oleh Square Enix awal September ini. Sebagai perusahaan developer game, Square Enix telah dikenal melalui berbagai game J-RPG. Dragon Quest dan Final Fantasy yang telah berumur 30 tahun menjadi saksi kejayaan perusahaan ini.

Tanggal 1 September kemarin, Square Enix mengumumkan bahwa pihaknya akan membuat themed café bernama Storia Theater Café & Dinning. Tujuan utama Storia adalah sebagai tempat mengamati game-game buatan Jepang dan menjadikan kegiatan ini bagian dari aktivitas harian. Untuk itu, café ini akan lebih berfokus kepada promosi game ke pengunjungnya.

Menurut Square Enix, game di era terkini tak hanya bisa dinikmati dengan memainkannya, namun bisa juga melalui pengamatan video dan online streaming–sama seperti menonton pertandingan olahraga. Storia akan menjadi tempat berkumpul yang nyaman bagi seluruh kalangan pecinta game. Sembari menikmati hidangan, pengunjung bisa melihat beberapa gaming action.

cafe baru bertema game di tokyo

Selain menyaksikan video tentang berbagai game, Storia juga mengadakan berbagai event game yang melibatkan pengunjung. Meskipun didirikan oleh Square Enix, namun game yang tersedia di sini tak hanya koleksi dari Square Enix. Café ini menyediakan berbagai konten game dari developer lain, baik untuk konsol, PC, arcade, smartphone, dan masih banyak lagi.

Café bertema game memang bukan hal baru di Jepang. November tahun lalu, Capcom juga membuat café bertema game dalam pusat perbelanjaan di Perfektur Saitama. Namun dengan konsep yang dimiliki, Storia akan menjadi café bertema game paling berbeda. Café ini mulai beroperasi tanggal 5 Oktober 2016 di Taito Station Ikebukuro West Exit Shop 6th floor, Tokyo.