Ini Dia 20 Fakta 20 Tahun Ultah Pokemon

| Oleh: Yudi | 01 Mar 2016 - 10:15 AM
909
0
pokemon

Siapa yang tak kenal Pokemon alias Pocket Monster? Ciptaan Satoshi Tajiri ini pertama kali muncul sebagai game di tahun 1996 dan langsung jadi game tersukses setelah Mario Bros. Tak heran kiprah Pokemon berlanjut ke TCG (trading card game),  anime, komik, bahkan mainan. Akhir Februari lalu, tepatnya 27 Februari 2016 kemarin adalah ultah ke-20 Pokemon yang diperingati sebagai Pokemon Day. Nah, ini dia 20 fakta seru tentang Pokemon!

1. Terinspirasi masa kecilnya yang suka menangkap dan mengumpulkan serangga, Satoshi Sajiri ingin berbagi pengalaman menyenangkan tersebut dengan cara yang berbeda.

2. Mendengar Pokemon, yang muncul dalam benak kita pasti Pikachu, Pokemon yang selalu menemani Ash berpetualang. Namun dalam komiknya, partner asli Ash yang sebetulnya adalah Clefairy.

3. Dalam game aslinya, kita akan melawan Profesor Oak sebagai final boss. Namun dengan alasan yang masih misteri, pertarungan ini akhirnya ditiadakan. Tapi kita masih bisa melawan Profesor Oak dengan menggunakan glitch di dalam game.

4. Semua profesor yang ada di Pokemon dinamakan dengan nama pepohonan seperti Elm, Birch, Rowan, Juniper, dan Sycamore.

5. Game Pokemon membukukan penjualan sebanyak 277 juta, jadi game paling laris kedua di dunia setelah Mario series.

6. Game Pokemon begitu digemari hingga muncul dalam sampul majalah TIME tahun 1999. Majalah ini membahas tentang pengaruh game Pokemon yang membuat anak-anak ketagihan bermain.

7. CEO Pokemon Company, Tsunekazu Ishihara berniat menjadikan Pokemon Gold and Silver sebagai seri terakhir dari game Pokemon. Siapa yang mengira jika kesuksesan game ini adalah hasil kerja tim yang hanya beranggotakan empat orang.

ultah pokemon 20th

8. Episode berjudul Denno Senshi Porygon dari serial animasi Pokemon dilarang tayang karena terlalu menyolok dan membuat 700 orang mengalami sakit mata setelah melihatnya.

9. Episode The Legend Dratini juga dilarang tayang karena penggunaan senjata api. Sementara episode The Beauty And The Beach dilarang karena dianggap mengandung unsur pornografi.

10. Di Nagoya, Jepang pernah dibangun taman bertema Pokemon. Taman dengan bermacam wahana dengan nama-nama Pokemon ini hanya hadir di bulan Maret 2005. Saat ini Ubisoft, bekerjasama dengan Nintendo dan Universal sedang membuat taman indoor bertema Pokemon seluas 10 ribu meter persegi di Kuala Lumpur, Malaysia.

11. Selain taman bermain, hadir juga Pokemon Gym di Jepang. Gym ini menawarkan tips untuk menggunakan kemampuan para Pokemon. Ada juga program latihan yang digunakan dalam Pokemon, seperti Charizad’s battle Colosseum dan Gardevoir’s Control Score.

12. Pikachu adalah maskot resmi dari tim sepakbola Jepang pada pergelaran World Cup 2014 lalu. Pikachu berhasil mengalahkan Gunnersaurus Rex dan Fred The Red.
Bahkan ada spesies dinosaurus yang dinamakan dengan nama Pokemon. Dia adalah Aerodactylus, dinosaurus dari genus Pterosaurus. Adalah Paleontologis bernama Steve Vidovic yang menamakan dinosaurus tersebut mirip dengan Pokemon fosil, Aerodactyl.

13. Bahkan ada spesies dinosaurus yang dinamakan dengan nama Pokemon. Dia adalah Aerodactylus, dinosaurus dari genus Pterosaurus. Adalah Paleontologis bernama Steve Vidovic yang menamakan dinosaurus tersebut mirip dengan Pokemon fosil, Aerodactyl.

ulang tahun 20 tahun pokemon

14. Sebuah komunitas sains juga menamakan sebuah protein yang mereka temukan dengan nama Pikachurin. Mereka terinspirasi dari Pokemon listrik, Pikachu yang mampu menghantarkan listrik dalam kecepatan tinggi. Dinamakan demikian karena protein ini juga mampu menghantarkan getaran listrik dari mata ke otak.

15.Pembuat Pokemon juga pernah berencana menamakan Pokemon baru berbentuk domba dengan nama Dolly. Namun hal ini diurungkan karena dianggap terlalu kontroversial. Dolly sendiri adalah domba yang lahir di tahun 1997 dengan proses kloning.

16. Beberapa nama Pokemon lain juga terinspirasi dari tokoh nyata. Seperti Pokemon petinju, Hitmonchan, yang terinspirasi dari Jackie Chan. Lalu Hitmonlee yang terinspirasi dari Bruce Lee. Sementara Pokemon yang wajahnya selalu terlihat seperti sedang tertawa, Wobbuffet, terinspirasi dari seorang komedian Jepang, Hayashiya Sanpe I.

17. Pikachu adalah satu-satunya Pokemon yang wajahnya telah muncul di manapun, termasuk dalam mata uang. Tahun 2001 silam, Kepulauan Niue dari Selandia Baru mengeluarkan satu set mata uang berupa koin Pokemon. Koin ini merupakan alat pembayaran sah, namun akhirnya justru dijadikan barang koleksi.

18. Ash Ketchum, karakter utama dalam serial animasi Pokemon, sebetulnya baru mengumpulkan 79 Pokemon. Ash sebaiknya mulai bekerjasama jika ingin mengumpulkan seluruh Pokemon yang berjumlah sekitar 700. Namun bukan tak mungkin, mengingat Ash masih berumur 10 tahun.

19. Dalam game orisinalnya, terdapat Pokemon bernama MisingNO, yang merupakan singkatan dari missing number. Ini adalah Pokemon yang muncul karena glitch dan cukup terkenal.

20. Kita tak perlu lagi menggunakan konsol handheld Nintendo untuk memainkan game Pokemon. Karena di awal tahun ini seorang hacker akhirnya menemukan cara untuk memainkan Pokemon Emerald dengan konsol PS4. Game ini mereka namakan Pokemon  PlayStation Edition.

.