Ini Dia 10 Fakta Menarik Mengenai Zordnya Power Rangers

| Oleh: Kylo | 22 Mar 2017 - 8:10 AM
1872
0
power rangers zords fun facts

Enggak lengkap rasanya jika tayangan Power Rangers tanpa adanya kehadiran dalam mesin tempur yang disebut sebagau zord. Kendaraan raksasa yang hadir dalam berbagai bentuk itu merupakan senjata terakhir yang digunakan oleh Power Rangers untuk melawan musuh-musuh mereka yang rata-rata bisa hidup kembali dalam ukuran raksasa setelah berhasil dikalahkan.

Berikut sepuluh fakta menarik mengenai zord-zord yang ada di franchise Power Rangers yang di tahun depan akan menginjak usia 25 tahun.

1. Ada Lebih Dari Satu Tipe
Selain digunakan untuk bertarung melawan monster, zord juga memiliki fungsi tambahan yang membuatnya terbagi ke dalam beberapa tipe. Ada tipe Carriezord, yang sesuai namanya berfungsi untuk membawa zord-zord yang lain, Warzord dan Battlezord, lalu yang terakhir adalah tipe Ultrazord. Ultrazord adalah zord berukuran raksasa yang dapat berfungsi untuk menampung hampir seluruh zord yang ada di sebuah serialnya. Ultra zord merupakan senjata pamungkas yang dikeluarkan untuk menghadapi musuh-musuh terkuat. Ada beberapa tipe Ultrazord yang terkenal seperti Dino Ultrazord yang ada di serial Mighty Morphin Power Rangers season pertama dan Zeo Ultrazord dari serial Power Rangers Zeo

2. Disain Zord Yang Berbeda
Awalnya serial serial Mighty Morphin Power Rangers season pertama yang diadaptasi dari serial Zyuranger Kyoryu Sentai Zyuranger itu akan menampilkan zord-zord serupa dengan desain yang berbeda. Tapi pada akhirnya disain baru tersebut tidak jadi digunakan dan diputuskan serialnya untuk tetap akan menggunakan cuplikan zord-zord yang terdapat di Zyuranger.

3. Konfigurasinya berbeda-beda
Selain dapat bergabung menjadi sebuah Megazord, zord juga bisa bergabung dalam konfigurasi yang berbeda. Misalnya para Dinozord di Mighty Morphin Power Rangers season pertama yang memiliki dua buah formasi/konfigurasi. Formasi pertama adalah Megazord Tank Mode dan yang kedua adalah Megazord Battle Mode.

power rangers zords fun facts

4. Ada Ratusan Lebih Jumlahnya
Dari serial Mighty Morphin Power Rangers season pertama hingga yang paling terbaru, Power Rangers Ninja Steel sudah ada lebih dari 200 zord yang dihadirkan di franchise Power Rangers. Wow!

5. Enggak Semua Megazord berasal dari kombinasi Zord
Megazord tercipta enggak hanya dari penggabungan zord. Di beberapa serial ada zord yang bisa langsung berubah menjadi robot Megazord. Contohnya adalah Delta Megazord di serial Power Rangers In Space. Jika dalam bentuk kendaraan, zordnya Red Space Ranger itu berbentuk pesawat luar angkasa bernama Delta Megaship namun dalam keadaan tempur mampu berubah menjadi Delta Megazord.

6. Ranger Berubah Menjadi Zord
Power Rangers Mystic Force di tahun 2006 menjadi sebuah serial yang spesial, karena di tayangan tersebut para Rangers tidak mengendarai zord melainkan berubah menjadi zord. Ketika kelima zord Mystic Force bersatu menjadi Titan Megazord barulah terlihat para Rangers sedang mengontrolnya dari sebuah cockpit yang berbentuk papan catur.

7. Ada Zord Jahat Juga
Enggak semua zord yang ada di franchise Power Rangers digunakan untuk membela kebenaran. Ada beberapa zord yang digunakan untuk berbuat kejahatan. Salah satunya adalah Dragon Zordnya milik Ranger Hijau yang pada awalnya menjadi musuh dari kelompok Power Rangers. Ada juga zord yang memang benar-benar jahat dari sananya, seperti Cyclopsis dan Sepentera Warzord.

power rangers zords fun facts

8. Zord Yang Hidup
Walau pada umumnya zord adalah robot atau kendaraan, ada beberapa diantaranya yang hidup, lo. Zord yang hidup dan bisa berpikir sendiri contohnya adalah Galactabeasts, Wildzords dan Dino Thunder Zords.

9. Ranger Yang Mengendarai Zord Paling Banyak
Seperti yang sudah menjadi rahasia umum, aktor Jason David Frank merupakan sosok yang telah banyak memerankan tokoh Ranger yang berbeda-beda. Lalu karakternya, Tommy Oliver, juga telah mengendarai Zord dengan jumlah terbanyak jika dibandingkan dengan seluruh Rangers yang ada di franchise Power Rangers. Zord-zord yang telah dikendarai oleh Tommy Oliver adalah Dragonzord, Tigerzord, Ninja Falconzord dan White Shogunzord.

10. Lebih Dahulu Sebelum Voltron
Banyak yang mengira, setidaknya di Amerika Serikat, bahwa zord-zord yang ada di Power Rangers terinspirasi dari serial animasi Voltron dan singa-singanya. Sesungguhnya serial Power Rangers diadaptasi dari serial Tokusatsu asal Jepang, Super Sentai Series. Serial Super Sentai sendiri telah hadir sejak tahun 70-an yang menampilkan konsep kombinasi beberapa buah zord yang dapat membentuk sebuah robot Megazord. Sedangkan serial animasi Voltron sendiri baru tayang di tahun 1981 dengan judul aslinya Beast King GoLion.

Selanjutnya simak yang sudah ditunggu-tunggu yaitu Resensi Film Power Rangers: Cukup Seru Sih, Sayang Kurang Maksimal!

.