Ini Dia 10 Easter Egg Yang Ada di Film Doctor Strange!

| Oleh: Kylo | 27 Oct 2016 - 6:00 PM
1894
0
doctor strange easter egg the living tribunal

Sama dengan film-film Marvel Cinematic Universe sebelumnya, di film Doctor Strange yang sudah kupaman bahas resensinya, juga terdapat beberapa easter egg menarik. Jika kamu jeli, ada yang ditampilkan secara visual atau melalui kata-kata. Yang paling gampang dikenali mungkin adalah Avengers Tower, namun selain itu masih banyak referensi lainnya, loh. Berikut 10 easter egg di Doctor Strange yang mungkin terlewatkan olehmu:

1. War Machine
Tempat sebelum kecelakaan mobil, Doctor Stephen Strange sedang melihat daftar calon pasien-pasiennya. Salah satunya adalah informasi mengenai seorang kolonel yang mengalami cidera parah di bagian punggung hingga menyebabkan kelumpuhan. Nah, kolonel yang dimaksud ini kemungkinan besar adalah Kolonel James “Rhodey” Rhodes alias War Machine. Di film Captain America: Civil War, Rhodey jatuh dari ketinggian ratusan kaki ketika Vision secara tidak sengaja menembak dirinya yang sedang terbang.

2. The Living Tribunal
Ketika Strange sedang berlatih tanding dengan Mordo. Lawannya tersebut menggunakan pusaka berbentuk tongkat yang disebutnya sebagai the Living Tribunal. Mordo menyebutkan bahwa penggunaan pusaka diperlukan dikarenakan ada sihir yang terlalu kuat untuk tubuh seorang manusia. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah pusaka untuk menyalurkan energi sihir tersebut. Di komiknya Living Tribunal adalah salah satu mahluk terkuat yang ada di Marvel Comic. Tugasnya adalah menjadi Hakim dari multiverse. Walau maha sakti, Living Tribunal tidak memiliki keinginan sendiri. Keberadaannya adalah untuk mengabdi kepada penciptanya, The One Above All.

3. Pusaka Doctor Strange
Selain Eye of Agamotto dan Cloak of Levitation, ada berbagai pusaka lain yang juga terdapat di versi komik yang muncul di film Doctor Strange. Seperti the Wand of Watoomb yang menjadi senjatanya Wong ketika Kaecilius mencoba menghancurkan sanctum yang berada di Hong Kong. Lalu juga ada pusaka Vaulting Boots of Valtorr yang dikenakan oleh Mordo. Pada versi komiknya, Valtorr adalah Iblis yang kadang dipanggil oleh Doctor Strange.

doctor strange the oath

4. Dark Dimension
Dark Dimenson, tempat Dormammu berada, visualisasinya di dalam filmnya terinspirasi dari ilustrasi Dark Dimension di komik Strange Tales #138 yang digambar oleh Steve Ditko. Beliau merupakan salah satu dari pencipta Doctor Strange bersama dengan Stan Lee.

5. Daniel Drumm
Master Daniel Drumm adalah penjaga dari New York Sanctum. Lewat komik Marvel's Doctor Strange Prelude #1, terungkap bahwa Daniel Drumm adalah saudara dari Jericho Drumm alias Brother Voodoo. Brother Voodoo adalah salah satu superhero yang juga menggunakan kekuatan supranatural di Marvel Comic, seperti Doctor Strange.

6. Nicodemus West
Dokter yang mengoperasi tangan Strange dan yang juga terlihat pada scene vending machine di Rumah Sakit itu adalah Nicodemus West. Dimainkan oleh Michael Stuhlbarg, karakter West adalah salah satu tokoh penting yang terdapat di komik mini-seri Doctor Strange karya Brian K. Vaughan dan Marcos Martin,, The Oath, yang terbit pada tahun 2007.

7. Adegan Operasi
Ketika Strange terluka oleh salah satu anak buah Kaecilius, ia membuka portal dimensi menuju Rumah Sakit tempat dahulu dirinya pernah bekerja. Nah, pada saat scene Dokter Christine Palmer hendak mengoperasinya, Strange memperlihakan tubuh astralnya kepada mantan rekan kerjanya itu. Scene ini merupakan referensi yang diambil dari komik, The Oath. Bedanya di versi komik yang mengoperasi Strange adalah Night Nurse.

doctor strange eye of agamotto infinity stone

8. The Book of Cagliostro
Walau Strange lebih diasosiasikan dengan the Book of Vishanti namun pada film layar lebarnya, plotnya berkisar seputar the Book of Cagliostro. Di komik, buku tersebut dicuri oleh Baron Mordo yang hendak menggunakan kekuatan yang terdapat di dalamnya untuk mengalahkan the Ancient One. Pada versi filmnya, hal itu dilakukan oleh Kaecilius.

9. Master Hamir
Master Hammir adalah salah satu penyihir di Kamar-Taj yang memperlihatkan kepada Strange bahwa kekurangan tubuh bukan merupakan halangan dalam berlatih ilmu mistik. Di komik Strange Tales #133, Hamir merupakan pelayan pribadi dari the Ancient One yang ternyata adalah ayah kandungnya Wong.

10. Infinity Stone
Di akhir film, melalui perkataan Wong terkuak sudah bahwa pusaka The Eye of Agamotto adalah salah satu dari Infinity Stone yaitu Time Stone. Dengan menggunakan pusaka yang dibuat oleh Penyihir Agung paling pertama itu, Strange mampu memanipulasi waktu sesuka hati.

Oh ya, ada satu lagi nih informasi menarik yang mungkin banyak tidak diketahui oleh sebagian besar orang yang sudah menonton film Doctor Strange. Dormammu, villain kedua di film setelah Kaecilius, ternyata menggunakan muka Benedict Cumberbatch sebagai basis wajahnya sedangkan suaranya diisi oleh seorang aktor Inggris yang hingga saat ini identitasnya masih dirahasiakan. Informasi ini dikonfirmasi langsung oleh sang sutradara Scott Derrickson. Menarik juga yah, selain menjadi protagonis sebagai Doctor Strange ternyata Benedict Cumberbatch juga menjadi tokoh antagonis di film yang sama walau pada bagian wajahnya saja sih, hehehe!