Ini Dia 10 Easter Egg Menarik Yang Ada di Rogue One: A Star Wars Story

| Oleh: Kylo | 20 Dec 2016 - 6:00 PM
214
0
ponda baba rogue one

Easter egg ini berisi spoiler yang ada di film Rogue One. Kupaman sarankan jangan membacanya sebelum menyaksikan filmnya.

Siapa sangka film standalone pertama dari Star Wars saga, Rogue One, ternyata menjadi sebuah film tie-in yang enggak kalah seru dan menarik dari film-film utamanya. Setingnya berlangsung beberapa waktu sebelum film Star Wars Episode IV: A New Hope yang dirilis pertama kali di tahun 1977. Banyak easter egg menarik yang terdapat di film garapan sutradara Gareth Edwards itu. Berikut sepuluh easter egg yang mungkin terlewatkan olehmu yang telah Kupaman rangkum dari berbagai sumber.

Evazan dan Ponda Baba
Ketika Jyn dan Captain Cassian Andor sedang berada di pasar yang terdapat di Jedha untuk mencari Saw Gerrera. Mereka berdua berpapasan dengan dua sosok alien yang mukanya sudah sangat familiar. Mereka adalah Dr. Cornelius Evazan dan Ponda Baba. Duo ini nantinya akan berada di tempat Mos Eisley planet Tatooine pada film A New Hope. Kedua alien itu adalah sosok yang dicari-cari karena mendapatkan vonis hukuman mati di 12 planet.

Sutradara Episode VIII
Di Rogue One, Krennic baru memperlihatkan secuil dari kekuatan sejati Death Star dengan menghancurkan kota Jedha. Di A New Hope, Tarkin memperlihatkan kekuatan sejatinya dengan menghancurkan planet Alderaan yang merupakan tempat tinggalnya Putri Leia. Salah satu dari operator Death Star di Rogue One ternyata nggak lain adalah sutradara dari Episode VIII, Rian Johnson.

Bacta Tank
Tabung berisi cairan tempat Darth Vader pertama kali diperlihatkan di Rogue One sebelum mengenakan armornya adalah batca tank. Tabung yang digunakan oleh Luke untuk menyembuhkan luka-lukanya akibat mahluk Wampa di planet Hoth pada film Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back.

rogue one hera syndulla

R2-D2 dan C-3PO
Di Rogue One pada markas besar Rebel di Yavin 4, dua droid ikonik dari Star Wars saga, R2-D2 dan C-3PO, kembali muncul walau hanya sebentar saja. Anthony Daniels sang pemeran C-3PO menjadi satu-satunya aktor yang muncul di seluruh film Star Wars. Sedangkan Kenny Baker pemeran R2-D2 telah meninggal dunia pada bulan Agustus 2016 silam.

Star Wars Rebels
Easter egg terbanyak mungkin berada di scene Yavin 4. Salah satunya adalah suara panggilan dari pengeras suara untuk General Syndulla. General yang dimaksud ini kemungkinan besar adalah Hera Syndulla dari serial TV Star Wars Rebels. Ketika Jyn dan Cassian hendak pergi ke Jedha dari Yavin 4 juga terlihat kapal Luar Angkasa yang mirip dengan kapal Ghost. Ghost merupakan kapal utama dari seri Star Wars Rebels yang dikemudikan oleh Hera. Kapal Ghost juga terlihat pada saat Battle of Scarif. Kabarnya droid C1-10P alias Chopper juga terlihat di Rogue One.

Obi-Wan Kenobi
Walau tidak hadir secara langsung, Jedi Master Obi-Wan Kenobi yang pergi bersembunyi sekaligus mengasingkan diri di akhir Star War III: Revenge of the Jedi. Keberadaannya sempat disebut oleh Organa (Jimmy Smits) ketika ia sedang berdiskusi dengan Mon Mothma. Kalimat “that Jedi” itu tentu saja merujuk kepada sosok Jedi Legendaris yang merupakan mentor dari Anakin Skywalker/ Darth Vader. Obi-Wan di A New Hope Akan Menjadi Mentor sementara dari Luke Skywalker, anaknya Anakin Skywalker.

putria leia organa rogue one cgi

Knights of the Old Republic
Kapal Rebel yang mendorong Star Destroyer untuk menghantam Star Destroyer lain yang sedang berada di sebelahnya pada saat Battle of Scarif adalah Hammerhead corvette. Kapal tersebut terinspirasi dari Hammerhead-class cruiser yang terdapat di video game Star Wars: Knights of the Old Republic.

Red Leader dan Gold Leader
Selain menghidupkan Grand Moff Tarkin dengan bantuan CGI, Rogue One juga secara cerdas menampilkan Garven Dreis dan Jon “Dutch” Vander pada saat pertarungan di Luar Angkasa wilayah Scarif. Dengan menggunakan stock footage kedua tokoh itu bisa hadir di film standalone ini. Karakter mereka di film selanjutnya, A New Hope, pada akhirnya tewas ketika penyerangan Rebel ke Death Star pada saat Battle of Yavin. FYI, Red Leader adalah pemimpin dari skuadron yang berisi pesawat-pesawat X-wing sedangkan Gold Leader adalah pemimpin dari pasukan pesawat Y-wing.

I have a bad feeling about this
Pada saat di pangkalan militer Empire yang berada di Scarif, K-2SO hampir menyebutkan secara lengkap kalimat populer di dunia Star Wars sebelum dipotong oleh Cassian. Kalimat tersebut adalah “I have a bad feeling about this” yang pertama kali diucapkan oleh Han Solo di A New Hope. Seluruh saga dari Star Wars menghadirkan kalimat ini di filmnya.

Putri Leia dan Tantive IV
Banyak yang memprediksi Han Solo muda akan muncul di Rogue One tetapi kenyataannya yang ada malah Putri Leia Organa. Anak angkat dari Bail Organa itu terlihat sedang melarikan diri dengan denah Death Star menggunakan kapal Tantive IV yang ternyata berada di sebuah kapal Rebel pada Battle of Scarif berlangsung. Sama dengan Tarkin, Leia bisa dihadirkan di Rogue One melalui kombinasi penampilan Ingvild Deila aktris dan keajaiban CGI.