Ingin Pakai Pelumas Buat Bearing Fidget Spinner? Baca Dulu Yang Satu Ini!

| Oleh: Willy | 17 Jun 2017 - 9:56 PM
3966
0
pelumas fidget spinner

Banyak pertanyaan pelumas yang bagus buat Fidget Spinner yang seperti apa, sih? Nah, rasa-rasanya sebelum menjawab pertanyaan di atas, sebenarnya kenapa sih ingin memberi pelumas ke bearing Fidget Spinner? Apakah maksudnya supaya Fidget Spinner bisa berputar lebih cepat dan lebih lama, atau untuk perawatan agar tak berkarat?

Secara logika umum, memberi minyak pelumas atau oli ke bearing Fidget Spinner dianggap bisa melancarkan putarannya. Kenyataannya, banyak yang sudah mencoba memberi minyak pelumas ke bearing Fidget Spinnernya dan ternyata hasilnya spin time malah jadi melambat, loh!

diberi pelumas spin time fidget spinner merosot

Sementara itu kalau alasannya buat perawatan, tengok dulu dong jenis bearing apa yang nempel di Fidget Spinner kita. Untuk mengetahuinya, bisa simak di artikel Jenis-jenis Bearing Fidget Spinner: Jenis Material Mempengaruhi Kemampuan. Jika ternyata memakai bearing jenis hybrid atau malah bearing full keramik, sebenarnya malah sangat tidak dianjurkan memberi minyak pelumas atau oli. Cukup dijaga saja kebersihannya.

Bagaimana kalau bearing jenis metal/steel/logam? Jenis ini memang membutuhkan sedikit pelumas. Maksudnya sih agar tak berkarat. Namun sebenarnya bahkan website-website yang jadi rujukan di dunia Fidget Spinner seperti Fidgetdoctor dan Spinnermint juga tidak terlalu merekomendasikan pelumas untuk bearing Fidget Spinner.

Menurut pengalaman Kupaman, dari pabriknya bearing logam sebenarnya sudah diberi grease. Malahan jika grease ini (yang seringkali sangat kental) kita hilangkan, putaran alias spin time Fidget Spinner kita justru jadi meningkat, loh. Simak saja di artikel Tips Fidget Spinner: Yuk, Maksimalkan Putaran Fidget Spinner Berbearing Logam.

efek menggunakan pelumas pada fidget spinner

Nah, jadi ternyata ada resiko menggunakan pelumas untuk bearing Fidget Spinner, yaitu:

Mengumpulkan kotoran
Pelumas justru membuat kotoran seperti debu dan serat-serat  halus mudah terjebak pada center bearing Fidget Spinner kita. Jika kotoran dan debu ini sampai menumpuk, hasilnya putaran Fidget Spinner kita justru tak bakal lancar.

Bikin menyiprat
Penggunaan pelumas pada bearing Fidget Spinner bisa membuat sisa-sisa pelumas menyiprat kemana-mana dan berpotensi membuat Fidget Spinner kita jadi kotor. Terutama jika pelumas yang digunakan berlebihan.

Bikin putaran jadi pelan
Seperti sudah disebutkan di atas, penggunaan pelumas hanya ideal untuk Fidget Spinner dengan bearing logam. Itu pun tak boleh berlebihan dan dengan resiko putaran Fidget Spinner justru jadi pelan.

Jadi apakah pelumas benar-benar tidak boleh dipakai untuk bearing Fidget Spinner? Apakah pelumas tidak ada manfaatnya sama sekali? Tentu saja masih boleh tapi terbatas untuk bearing logam saja. Juga tidak semua pelumas bisa digunakan, juga ada cara tertentu agar lama putaran spin time Fidget Spinner kita tidak terlalu drop.

Nah, apa sebenarnya manfaat pelumas untuk bearing Fidget Spinner silakan simak di Inilah Fakta-fakta Pelumas Untuk Bearing Fidget Spinner.

.