Indonesia Diecast Expo (IDE) 2015: Kumpul Akbar Pecinta Die-Cast

| Oleh: Dante | 09 Nov 2015 - 8:00 AM
68
0
indonesia diecast expo 2015

Indonesia Diecast Expo (IDE) hadir kembali 7-8 November 2015 lalu. Kali ini event pertemuan berbagai komunitas die-cast dari seluruh penjuru Indonesia ini mengusung tagline “All for One...One for Diecast.” Ada berbagai komunitas die-cast yang ngumpul di sini mulai dari yang bertema mobil, motor, pesawat terbang, kapal laut dan juga kereta api.

O iya,die-cast sendiri sebenarnya adalah istilah buat mainan yang diproduksi dengan menggunakan metode die-casting. Yaitu menuangkan logam yang sudah meleleh untuk dicetak menjadi bentuk yang diinginkan.

indonesia diecast expo 2015

Sebagian dari komunitas yang hadir antara lain TOMOCI (Toys and Models Collector Indonesia), DM3C (Diecast Mini Cooper Collectors Club,  Plarail Indonesia, Indonesia 87 scale comunity, PND (Pusat Ngumpulnya Diecaster), Cirebon Racing Team, Tomica Fan Club Indonesia, IMD (Indonesia Motorcycle Diecaster), Toyota Land Cruiser Indonesia, Mercedens Benz Diecast Club Indonesia, Ferrari Diecast Owners Club Indonesia (FDOCI) dan masih banyak lagi. Masing-masing booth komunitas tentu dilengkapi dengan jejeran koleksi die-cast yang menarik.

Salah satu yang khas dari Indonesia Die Cast Expo (IDE) seperti pada tahun lalu adalah hadirnya berbagai mobil-mobil asli yang tampil bareng dengan versi die-cast-nya. Misalnya Datsun 510 Bre, Willys CJ-2 dan Hot Rod H3 yang terlihat sangar. Juga ada Van GMC berwarna hitam dengan aksen merah seperti yang digunakan di film The A-Team.

Tak kalah menariknya juga booth komunitas mainan kereta api seperti Plarail Indonesia dan Indonesia 87 scale comunity. Desain booth  yang sedemikian rupa memikat banyak pengunjung baik orang tua maupun anaknya. Maklum di kedua booth tersebut hadir diorama dan miniatur bangunan dan beberapa kereta api yang berjalan di relnya.

indonesia diecast expo 2015

Seperti di tahun sebelumnya, IDE 2015 juga masih menyediakan beberapa area yang diperuntukan bagi anak-anak. Seperti area Hot Wheels Race for Kids dan area LEGO yang berisi diorama dari LEGO Speed Champions dan LEGO Star Wars.

Tambah seru, juga digelar lomba Hot Wheels untuk anak-anak selain balap die-cast untuk umum yang berhadiah sepeda motor, swap meet, lelang diecast langka dan lain-lain. Wah, benar-benar acara kumpul pecinta die-cast, nih!

.