Hatsune Miku Akan Muncul Dalam Buku Pelajaran di Jepang

| Oleh: Yudi | 30 May 2016 - 9:00 PM
167
0
fenomena hatsune miku dan vocaloid

Sebagai negara yang sangat terkenal dengan pop culture-nya, Jepang memang punya bermacam-macam metode yang tak biasa dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Entah aneh atau justru unik, tapi yang jelas metode ini cukup menarik dan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi para penggemar hal-hal bernuansa pop culture. Contohnya adalah penggunaan karakter anime atau pop culture terkenal untuk membantu para siswa agar belajar menjadi lebih menyenangkan.

Baru-baru ini giliran virtual idol, Hatsune Miku yang muncul di buku pelajaran anak-anak. Sebagai salah satu pencetus idol virtual, nama Hatsune Miku memang sudah sangat populer dan mendunia. Lagu-lagunya yang dikenal sebagai genre Vocaloid menjadi salah satu pengaruh besar dalam pop culture.

hatsune miku dan vocaloid dalam buku pelajaran di jepang

Idol virtual yang juga sering dijuluki gadis hologram dan genre vocaloid ini melakukan debutnya bulan Agustus 2007. Vocaloid adalah musik yang bernuansa enerjik dan futuristik. Hal ini juga bisa terlihat dari kostum Miku yang terkesan modern dan hi-tech. Sejak saat itu, tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran genre Vocaloid turut memberikan peran khusus dalam perkembangan musik modern di Jepang.

Hal ini yang membuat beberapa orang Jepang berfikir bahwa alangkah baiknya jika anak mereka mengenal dan belajar tentang Vocaloid sejak duduk di bangku sekolah. Mungkin kalian semua sudah tahu jika Miku hanyalah sebuah karakter. Dia menari dan menyanyikan lagu yang dibuat oleh musisi (komposer Vocaloid) bernama Kikuo. Kikuo telah menciptakan lagu Vocaloid untuk Miku sejak tahun 2010.

Menanggapi keinginan para orang tua yang ingin anaknya belajar tentang Vocaloid di sekolah, Kikuo lantas meresponnya dengan sangat baik. Melalui akun Twitter-nya dia mengatakan bahwa terhitung tahun depan, mereka berdua (Kikuo dan Hatsune Miku) akan muncul dalam buku pelajaran seni musik untuk SMA. Buku tersebut berjudul Koukousei no Ongaku 1 (Music for Highschool Students 1), yang diterbitkan oleh publisher Kyoiku Geijutsusha.

bahasan hatsune miku dan vocaloid di universitas oxford

Mereka berdua akan dibahas secara spesifik dalam bab khusus tentang Vocaloid, mulai dari sejarah, pengertian, teknologi, hingga tekhnik pembuatan. Pembahasan juga dilengkapi dengan contoh lagu. Kolaborasi antara Kikuo dan Hatsune Miku yang berjudul Six Greetings akan menjadi contoh yang paling cocok untuk bahasannya.

Sebetulnya ini bukan pertama kalinya dua objek tersebut menjadi literatur penting dalam ilmu pengetahuan. Fenomena Hatsune Miku dan Vocaloid sudah pernah diangkat sebelumnya dalam buku berjudul The Oxford Handbook of Music and Virtuality. Buku ini diterbitkan oleh The University of Oxford, sebuah universitas paling bergengsi di dunia asal Inggris. Mereka berdua muncul bersama dengan teman sesama karakter virtualnya dalam bagian dua yang berjudul Vocaloids, Holograms, and Virtual Pop Stars.

.