Gundam Raksasa di Diver City Odaiba, Tokyo Akan Segera Dibongkar

| Oleh: Yudi | 02 Dec 2016 - 8:00 PM
369
0
gundam berukuran asli di diver city odaiba

Jika kemarin penggemar Gunpla bersuka cita menyambut perilisan PG RX-0 Unicorn Gundam 03 Phenex oleh Bandai Premium, kini kabar menyedihkan justru baru saja datang. Situs Gundam Info mengabarkan bahwa Bandai berencana untuk membongkar satu-satunya Gundam berukuran asli (life-size) yang berdiri di kawasan Diver City Tokyo Mall, Odaiba.

RX-78-2 raksasa berskala 1/1 tersebut telah “menjaga” Diver City selama empat tahun. Februari mendatang akan menjadi tahun kelima Gundam tersebut berada di Diver City. Peletakan Gundam ini mengalami beberapa kali pergantian lokasi sebelum akhirnya diletakan di Diver City pada tahun 2012.

bandai akan membongkar gundam raksasa di diver city odaiba maret 2017

Belum diketahui alasan detail mengapa RX-78-2 ini harus dibongkar atau dipindahkan, namun ada dua kemungkinan yang mendasari tindakan tersebut. Alasan pertama terkait dengan rencana Gundam Global Challenge pada tahun 2014 lalu. Mereka berencana untuk membuat RX-78-2 raksasa tersebut bergerak layaknya mobile suit di tahun 2019. Namun alasan ini dibantah Bandai.

Bandai mengatakan bahwa rencana tersebut tak ada hubungan dengan pembongkaran life-size RX-78-2. Gundam tersebut sudah bisa menggerakan kepalanya dan membuka kokpit secara otomatis. Sementara alasan kedua berhubungan dengan ulang tahun Gundam ke-40 tahun 2019 nanti. Real G Project dikabarkan berencana menghadirkan Gundam life-size lain untuk memperingati ulang tahun tersebut.

Gundam raksasa setinggi 18 meter ini pertama kali dipamerkan di Odaiba bulan Juli 2009. Selama 52 hari pertamanya, lebih dari 4.15 juta orang mengunjungi lokasi tersebut. Tahun 2010, Gundam ini direlokasi ke Shizuoka–yang merupakan rumah dari pabrik plastik model Bandai. Di Shizuoka, RX-78-2 ini terlihat memegang beam sword dengan tangan kanannya untuk pertama kali.

gundam ukuran asli lain dipersiapkan untuk peringati 40 tahun gundam

Akhirnya, pada tahun 2012 Gundam ini dipindahkan lagi ke Diver City Odaiba dan masih berdiri hingga sekarang. Bandai akan memulai proses pembongkaran pada tanggal 5 Maret 2017. Bersamaan dengan pembongkaran ini, Gundam Front Tokyo yang menjual berbagai merchandise Gundam juga akan menyusul untuk tutup sementara mulai tanggal 5 April 2017.

Sebelum melakukan pembongkaran dan meresmikan penutupan Gundam Front Tokyo, Bandai akan menggelar kampanye berjudul LAST SHOOTING. Judul ini diambil dari adegan popular anime Mobile Suit Gundam, ketika RX-78-2 melepaskan tembakan terakhir saat bertarung dengan MSN-02 Zeong. Real G Project akan kembali merayakan 40 tahun Gundam dengan berbagai kejutan menarik lainnya.

Sementara itu ketika Gundam RX-78-2 skala 1:1 di Jepang direncanakan dibongkar, ternyata Patung Evangelion Unit-01 Terbesar Di Shanghai Raih World Record.

.