Gundam Expand SP01: Gundam Chibi Gaya Popeye

| Oleh: Rio | 19 Nov 2015 - 9:25 AM
43
0
gundam expand sp01

Di tengah demam Gundam Barbatos dari serial animasi terbaru Gundam: Iron-Blooded Orphans, Bandai ternyata enggak melupakan lini Gundam chibi.  Malahan baru-baru ini Gundam mengumumkan akan merilis seri baru Gundam chibi yaitu Gundam Expand SP01 yang unik.

Seperti paham betul penggemar Gundam Super Deformed (SD) alias Gundam chibi suka sesuatu yang unik dan lucu, Gundam memberikan sentuhan berbeda pada Gundam Expand SP01 ini. Membedakan dengan seri-seri Gundam chibi yang sebelumnya telah dirilis oleh Bandai, jika kita perhatikan proporsi Gundam Expand SP01 ini memang berbeda.

gundam sd expand sp01

Ya, permainan proporsi yang unik dan tidak mengikuti proporsi tubuh yang wajar memang jadi kekuatan Gundam chibi yang menjadikannya tampak imut dan lucu. Kali ini lewat seri Gundam Expand SP01 Bandai memainkan proporsi Mobile Suit Gundam dengan menonjolkan bagian tangannya.

Jika kita lihat, kedua tangan Gundam Expand SP01 ini tampak jauh lebih besar dan tidak seimbang dibanding tubuhnya. Alhasil, Gundam Expand SP01 ini malah tampak seperti bergaya Popeye, si tokoh pelaut animasi klasik yang terkenal dengan lengannya yang sangat besar dibanding tubuhnya.

Sebenarnya sih, yang dijadikan besar bukan hanya bagian tangan Gundam Expand SP01 saja, melainkan kedua kakinya juga ikut besar. Namun yang tampak paling menonjol, memang bagian tangan. Mungkin karena besarnya kedua tangan Gundam Expand SP01 ini diikuti juga dengan besarnya aksesoris yang menempel pada lengannya. Misalnya senjata atau tameng yang jadi ikutan oversize. Tapi hebatnya, Bandai sanggup meracik proporsi yang tidak wajar ini menjadi tampak lucu dan unik.

gundam expand sp01

Secara dimensi Gundam Expand SP01 tetap mungil dengan tinggi sekitar 6,5 cm. Sebagai sentuhan akhir, jika kita perhatikan Gundam Expand SP01 juga memiliki warna bernuansa metalik yang terkesan mewah.

Akan tersedia empat model Gundam Expand SP01 yaitu:
- RX-78-2 Gundam (Beam Rifle)
- RX-78-2 Gundam (Shield)
- Char's Zaku II (Heat Hawk)
- Zaku II Mass Production Ver. (120 mm Machine Gun)

Di Jepang sendiri, Gundam Expand SP01 akan dirilis bulan Februari 2016 mendatang. Sementara itu haranya di negeri matahari terbit dibanderol 500 Yen atau sekitar Rp 54.975 saja per buahnya dengan kurs sekarang.

.