Google Siap Luncurkan Smartphone Modular Seperti LEGO

| Oleh: Yudi | 25 May 2016 - 12:15 PM
200
0
smartphone baru google

Para penggemar Nintendo sebelumnya sempat heboh dengan smartphone Nintendo Plus yang menggabungkan konsep gaming dengan smartphone. Namun ternyata Google memiliki ide lebih gila, yaitu membuat smartphone dengan konsep modular seperti LEGO yang bisa dibongkar-pasang. Serunya, ide ini sudah dalam tahap penyelesaian dan akan segera terwujud. Perusahaan yang namanya lebih dikenal sebagai search engine tersebut memang tak main-main kali ini.

Ide tersebut telah masuk dalam sebuah project yang dinamakan Project Ara. Dipimpin oleh Rafa Camargo, project yang akan dimulai musim gugur tahun 2016 ini akan mewujudkan sebuah modular smartphone. Modular smartphone adalah smartphone yang dibentuk dari komponen yang bisa diganti atau dirubah secara terpisah dengan tujuan mengurangi limbah elektronik dan mempermudah perbaikan jika ada komponen yang rusak.

project ara google

Google sebetulnya telah mulai mengembangkan smartphone yang bisa dikustomisasi sejak Oktober 2013 lalu. Camargo berujar bahwa konsep yang dimiliki Ara akan berbeda dan tak bisa ditemukan secara umum di pasaran. Awalnya, Project Ara akan memungkinkan kita merakit smartphone sendiri layaknya merakit sebuah PC, dengan memilih komponen lalu menggabungkan semuanya. Google membuat “kerangka” smartphone ini seperti motherboard dalam sebuah PC.

Namun Camargo berubah pikiran. Prototipe terbarunya dirancang dengan built-in processor, sehingga kita tak bisa lagi merakit sendiri. Namun kita tetap bisa merubah–mengganti atau menambah komponen lain ke kerangka Ara. Misalnya saja kita ingin merubah smartphone menjadi boombox dengan menambahkan jumlah speaker. Atau meningkatkan daya dengan menambahkan jumlah baterai. Atau mungkin meningkatkan kualitas kamera dengan mengganti lensanya. Hal ini sangat bisa dilakukan dengan Ara.

Kemampuan Ara juga sama menakjubkan dengan konsep snap-on modular-nya. Ara menggunakan kombinasi Google’s Greybus–sebuah digital backbone (koneksi super cepat dan berkapasitas tinggi) dengan OS Android yang bisa mengintegrasikan seluruh komponen terpisah dengan mulus. Kombinasi ini memungkinkan kita untuk mentransfer data dengan kecepatan mencapai 11.9 Gigabit/detik (lebih cepat dari USB).

smartphone berkonsep lego

Bersamaan dengan project Ara ini, pihak Google juga telah memproduksi komponen terpisah (third-party), seperti kamera, speaker, mic, layar, dan masih banyak lagi, yang nantinya bisa ditambahkan ke smartphone tersebut. Camargo menjelaskan untuk saat ini smartphone Ara baru bisa menampung sebanyak enam komponen terpisah. Namun nantinya akan terus dikembangkan agar bisa lebih banyak. Hal ini mengingatkan kita seperti meletakkan keping LEGO di atas LEGO baseplate berukuran kecil.

Project Ara bukannya berjalan tanpa masalah. Tahun lalu project ini terus-menerus mengalami kegagalan saat memasuki tahap demonstrasi. Tim yang bertanggungjawab dalam project ini menyarankan pihak Google untuk mencari cara bagaimana menyatukan komponen terpisah yang merupakan konsep dari project Ara. Namun kini kita tinggal menunggu smartphone Ara diluncurkan tahun depan.

.