Ginza Tanaka Membuat Patung Emas Seharga Rp 12 Milyar Untuk Rayakan 50 Tahun Ultraman

| Oleh: Yudi | 30 Jan 2017 - 6:46 PM
176
0
ginza tanaka membuat patung emas untuk rayakan 50 tahun ultraman

Kembali pada tahun 1966, ketika Eiji Tsuburaya menciptakan Ultraman dalam bentuk serial TV dengan 40 episode. Ultraman diceritakan sebagai manusia yang bergabung dengan pasukan khusus untuk melawan Kaiju (monster) yang mengganggu kedamaian bumi. Sejak saat itu juga Ultraman menjadi begitu fenomal. Hingga kini, Ultraman masih menjadi salah satu karakter pop-culture yang dikenal di seluruh dunia.

Setengah abad berjalan, dan Ultraman sudah mencapai umurnya yang ke-50 pada tahun 2016 kemarin. Berbagai bentuk perayaan, mulai dari perilisan serial dan film terbaru, pameran, hingga kerjasama dengan Converse untuk membuat sepatu model khusus telah dilakukan. Namun masih ada yang lebih spesial dari semuanya.

benda koleksi ultraman dari emas buatan ginza tanaka lainnya

Umur 50 tahun identik dengan usia emas. Oleh karena itu, perusahaan perhiasan dan emas ternama asal Jepang, Ginza Tanaka, turut menghadiahi ulang tahun ke-50 Ultraman dengan karya luar biasa. Karya ini berupa patung solid setengah badan tanpa lengan yang seluruhnya terbuat dari emas murni 24 karat. Ultraman yang dipilih sebagai model patung tersebut adalah Ultraman yang pertama kali muncul (original).

Ginza Tanaka hanya membuat satu patung dengan tinggi sekitar 30 sentimeter dan berat sekitar 11 kilogram. Patung emas Ultraman ini masih dipamerkan di toko utama Ginza Tanaka hingga akhir bulan nanti. Meskipun hanya ada satu buah, namun Ginza Tanaka mempersilahkan para kolektor untuk membeli patung ini dengan harga 110 juta Yen (sekitar Rp 12.7 milyar), sebelum pajak.

Harga tersebut sukses membuat patung emas ini menjadi barang koleksi bertema Ultraman termahal yang pernah ada. Ginza Tanaka juga menawarkan dua karya lain dengan harga yang lebih bersahabat. Karya tersebut berupa koin emas dengan pahatan yang berilustrasi wajah Ultraman dari era Showa. Masing-masing koin dijual seharga 1 juta Yen (sekitar Rp 116 juta), sebelum pajak. Koin ini dijual terbatas sebanyak 50 unit.

patung emas ultraman hanya dibuat satu buah dengan harga ratusan juta yen

Untuk karya lainnya adalah plakat emas–yang juga dipahat dengan ilustrasi Ultraman original. Ada tiga ilustrasi dalam satu plakat ini, semuanya menunjukan pose khas Ultraman yang sedang menggunakan Specium Ray-nya dari berbagai sisi. Plakat ini juga dijual terbatas sebanyak 50 unit, dengan harga 500 ribu Yen (sekitar Rp 58 juta) sebelum pajak.

Patung emas dan karya emas lain buatan Ginza Tanaka tersebut bahkan mampu mengalahkan harga action figure Ultraman Spacium Ray Premium Grade yang dilengkapi batu safir. Action figure ini juga dibuat untuk merayakan ulang tahun Ultraman ke-50. Baik patung emas, koin emas, ataupun plakat emas, semuanya bisa dibeli atau sekedar dilihat di toko utama Ginza Tanaka, Tokyo.

Masih dalam suasana perayaan 50 tahun Ultranan, simak juga Keren! Mobil Sport Toyota 86 Bertema Ultraman Resmi Dirilis di Tokyo Auto Salon 2017.

.