Gelang dan Kain Bisa Jadi Batere Berkat Penemuan Samsung dan LG

| Oleh: Rio | 27 Oct 2015 - 11:27 AM
18
0
batere berbentuk kabel dari lg

Dua perusahaan teknologi asal Korea Selatan, yaitu Samsung dan LG rupanya membuat terobosan besar di soal batere untuk gadget. Samsung mengembangkan batere berbentuk pita (band battery), sedangkan LG Chem mengembangkan batere berbentuk seperti benang. Nampaknya hal ini bakal jadi solusi buat pengguna gasget di masa depan.

Maklum, berapa lama sih daya tahan batere gadget kamu? Biasanya paling lama juga sehari harus langsung di-charge lagi. Maklum perangkat pintar memang terbilang kuat menyedot daya. Makanya banyak yang rela kemana-mana membawa power bank atau charger.

Nah, sebenarnya urusan batere sudah jadi dilema tersendiri bagi produsen gagdet. Kalau mau berdaya besar (sehingga mampu bertahan lama) baterenya juga harus besar dan berat sehingga bikin gadget jadi terlalu besar. Sedangkan kalau dibikin tipis dan ringan biasanya dayanya kurang. Ini tentu bakal jadi masalah ketika harus membuat gadget yang kompak dan ringan semisal smartwatch alias jam pintar.

batere berbentuk kabel vd batere biasa

Nah, dengan batere berbentuk pita, Samsung meyakini kalau daya tahan batere gadget akan meningkat sampai 50%. Belum lagi batere berbentuk pita ini juga fleksibel, jadi enggak masalah ditekuk-tekuk. Menurut tes yang dilakukan Samsung, betere pita buatan mereka tahan ditekuk sampai 50 ribu kali.

Dengan begitu, batere pita ini dapat digunakan sebagai tali jam pada smartwatch. Belum lagi juga bisa digunakan dalam berbagai bentuk lain seperti ikat kepala, kalung, dan aksesoris lainnya. Jadi deh, aksesoris dengan fungsi batere atau penyimpan daya seperti power bank!

batere kabel buatan lg

Sementara itu LG Chem malah membuat batere yang bisa dibuat hanya berdiameter 1,5 milimeter saja. Jadi mirip benang atau kabel. Menariknya kabel buatan LG Chem ini juga bersifat fleksibel. Karena mirip benang dan fleksibel, batere “kabel” buatan LG Chem ini enggak maslah jika harus dirajut, dipakai seperti gelang, bahkan dianyam menjadi kain.

Sudah begitu daya tahan batere ini juga hebat. Batere “kabel” yang dirajut sepanjang 25 cm dicoba oleh LG Chem untuk menyalakan iPod Shuffle dan ternyata mampu bertahan selama selama 10 jam non-stop!

.