Gatebox Hadirkan Robot Asisten Pribadi Dalam Bentuk Hologram

| Oleh: Yudi | 16 Dec 2016 - 6:00 PM
263
0
asisten hologram gatebox

Di era teknologi canggih seperti sekarang, penggunaan robot dan hologram dalam kehidupan sehari-hari rasanya sudah umum. Pecinta Japan pop-culture pasti tak asing dengan sosok Hatsune Miku yang merupakan virtual idol dan selalu tampil dalam bentuk hologram. Baru-baru ini, Jepang kembali menghadirkan teknologi yang menggabungkan robot dan hologram.

Teknologi tersebut berupa perangkat bernama Gatebox. Gatebox adalah mesin portable dengan kemampuan memproyeksikan 3D virtual karakter yang akan tinggal di rumah pemiliknya. Virtual karakter tersebut bernama Azumi Hikari–robot hologram berukuran mungil yang multifungsi.

fitur canggih gatebox

Sama seperti Hatsune Miku, Azumi Hikari hanyalah proyeksi hologram dan tak memiliki wujud fisik layaknya robot sungguhan. Namun Azumi punya banyak kemampuan dan bisa terhubung ke berbagai perangkat elektronik rumahan, seperti TV, PC, lampu, dan lainnya. Menariknya, sang pemiliki juga bisa berinteraksi secara dua arah pada Azumi dengan cara yang unik.

Dalam tiga video trailer yang dirilis perusahaan pembuat Gatebox, Vinclu Inc., terlihat bagaimana Azumi Hikari bisa berfungsi sebagai alarm yang membangunkan pemiliknya di pagi hari, menyapanya saat kembali ke rumah, menyalakan TV, atau sikat gigi bersama. Azumi bahkan bisa berinteraksi melalui gadget dengan aplikasi mirip chat.

Gatebox didesain secanggih mungkin untuk memaksimalkan interaksi dengan Azumi Hikari. Perangkat ini dilengkapi kamera, mikrofon, dan sensor, sehingga Azumi bisa mengenali wajah pemiliknya. Gatebox juga bisa dihubungkan dengan PC atau laptop melalui kabel HDMI agar pemiliknya bisa mengkustom Azumi; misalnya memberikan kostum atau gaya rambut baru.

profil azumi hikari

Meskipun hanya sebuah karakter virtual atau robot hologram, namun Azumi Hikari ternyata memiliki profil dan website sendiri. Dalam profilnya tertulis bahwa Azumi berumur 20 tahun, suka menonton anime dan makan donat, jago membuat telur dadar, benci serangga, dan bercita-cita menjadi jagoan yang bisa membantu orang lain.

Satu unit Gatebox memang dibanderol dengan harga yang terbilang mahal, yaitu 298.000 Yen (sekitar 33.8 juta Rupiah). Namun harga tersebut sangat layak mengingat berbagai fitur canggih yang ditawarkan oleh perangkat berukuran 22 x 32 x 55 sentimeter dan berat sekitar lima kilogram ini. Setidaknya dengan kehadiran Azumi di rumah bisa sedikit membantu dan meramaikan suasana.