Gameplay Final Fantasy XV Diperkirakan Lebih Dari 100 Jam!

| Oleh: Yudi | 19 Jun 2016 - 12:00 PM
251
0
detail game final fantasy xv

Perhelatan event E3 2016 selama tanggal 14–16 Juni di Los Angeles kemarin memang membeberkan banyak detail penting mengenai game-game dan konsol terbaru. Yang saat ini sedang menjadi buah bibir sebut saja game-game keluaran Sony, seperti Resident Evil 7, God of War, dan Spider-Man. Selain Sony, pihak Microsoft juga telah memastikan akan merilis Xbox One S terbarunya pada akhir tahun ini.

Lupakan sejenak tentang Sony dan Microsoft. Karena masih ada kabar menarik lainnya yang tak boleh dilewatkan, terutama bagi para penggemar Final Fantasy. Melalui Square Enix E3 livestream kemarin, direktor utama Hajime Tabata memberikan beberapa detail penting terkait game terbaru Final Fantasy, yaitu Final Fantasy XV.

final fantasy xv untuk playstation vr

Seperti yang sudah diketahui, game Final Fantasy XV memang telah diumumkan sejak tahun 2006. Setelah penantian selama 10 tahun, akhirnya game ini akan segera dirilis tahun ini. Banyak sekali perubahan dan inovasi yang akan hadir dalam Final Fantasy XV, dan beberapa di antaranya juga pernah dibahas dalam artikel Kupaman sebelumnya. Contohnya tentang Regalia, si mobil terbang dan kabar-kabar gembira lainnya.

Dalam E3 kemarin, Tabata kembali mengumumkan detail yang menyebutkan bahwa Final Fantasy XV memiliki gameplay total sekitar 200 jam. Waktu yang cukup banyak memang. Namun masih terbilang wajar untuk game J-RPG (Japan-RPG), apalagi sekelas Final Fantasy. Terlebih lagi, 200 jam tersebut nantinya juga terbagi atas main story, side quest dan extra stuff.

Tabata menjelaskan bahwa main story perlu 40–50 jam untuk diselesaikan. Lalu tambahan sekitar 40 jam lagi untuk menyelesaikan final game. Sedangkan side quest dan extra stuff diperkirakan butuh 100 jam untuk diselesaikan. Menurut Tabata, 200 jam adalah waktu yang pantas, apalagi penggemar Final Fantasy telah menunggu lama untuk bisa memainkan game ini. “Studio ingin memastikan mereka (player) bisa menikmati banyak konten dalam game ini,” ujarnya.

fitur wait mode final fantasy xv

Detail lain yang terungkap dari game ini adalah fitur bernama wait mode. Fitur ini memungkinkan player menghentikan sejenak (pause) pertarungan untuk memikirkan strategi atau serangan yang akan dilakukan berikutnya. Wait mode ini memiliki batasan waktu yang ditunjukkan melalui Wait meter. Fitur ini juga memberikan nuansa tradisional ala J-RPG untuk Final Fantasy XV.

Final Fantasy XV juga telah dipastikan hadir dengan pengalaman baru yang bisaa dimainkan melalui perangkat PlayStation VR. Tabata menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari project antara Square Enix dan Sony. Namun duet VR ini sepertinya belum bisa dinikmati dalam waktu dekat. Karena Final Fantasy XV sendiri baru dirilis untuk PS4 pada tanggal 30 September 2016, sedangkan PS VR dirilis tanggal 13 Oktober 2016.

.