Gameplay FFXV Terbagi Atas 15 Chapter dan Tak Sepenuhnya Open World

| Oleh: Yudi | 29 Aug 2016 - 8:00 PM
369
0
gameplay ffxv terdiri atas open world dan linear

Telah dikonfirmasi bahwa perilisan game Final Fantasy XV terpaksa mundur dari jadwal awal. Penggemar yang sudah menanti kehadiran game ini hampir 10 tahun tak bisa melakukan apapun selain harus bersabar lagi hingga bulan November 2016. Hajime Tabata selaku direktor utama FFXV menjelaskan mundurnya jadwal perilisan tersebut demi menyempurnakan game.

Namun entah kebetulan atau memang sudah direncanakan sebelumnya, pihak Square Enix seolah memberi kompensasi atas mundurnya FFXV dengan penayangan film Kingsglaive: Final Fantasy XV. Ada juga pameran galeri seni FFXV yang tengah digelar di New York, Amerika Serikat.

gameplay ffxv terdiri atas 15 chapter

Kembali ke masalah game FFXV, beberapa hari lalu Tabata kembali menjelaskan tentang detail dari gameplay-nya dalam sebuah interview dengan Famitsu. Detail pertama adalah soal add-on/DLC (Downloadable Content). Saat ini pihaknya mengumumkan ada enam DLC tahap pertama yang akan dirilis. Enam DLC tersebut merupakan bagian dari FFXV Season Pass.

Tabata menambahkan bahwa nantinya ada DLC lain yang akan diumumkan di waktu mendatang. Beberapa konten yang direncanakan termasuk dalam DLC, antara lain kostum dan episode. Sementara detail kedua tak kalah penting, yaitu soal struktur dari FFXV. Disebutkan bahwa FFXV merupakan game RPG dengan konsep open world, di mana player bebas pergi ke manapun.

Namun cukup mengejutkan karena ternyata tak seluruh gameplay FFXV merupakan open world. Pada dasarnya, FFXV terdiri atas 15 chapter yang terbagi atas dua cerita. Konsep open world bisa dinikmati di cerita awal, dan cerita selanjutnya akan berjalan secara linear. “Struktur FFXV terdiri atas open world dan linear, sehingga player tak mudah bosan dan lelah,” ujar Tabata.

gameplay awal ffxv menggunakan konsep open world

Penggunaan dua konsep ini menurut Tabata juga membuat player bisa lebih fokus menyelesaikan game dan tetap merasakan gameplay Final Fantasy bergaya tradisional. “Jika player bermain mengikuti seluruh cerita pertama dan hanya quest inti di cerita kedua, saya rasa mereka hanya butuh sekitar 40–50 jam untuk menyelesaikan game,” ungkap Tabata.

Dalam event E3 bulan Juni 2016 lalu, Tabata memang telah menyebutkan bahwa FFXV memiliki gameplay sekitar 200 jam. Jumlah tersebut terbagi atas main story (sekitar 40–50 jam), final game (sekitar 40 jam), serta side quest dan extra game (sekitar 100 jam). Tak heran jika game ini semakin layak untuk dinanti kehadirannya.

Oh iya buat yang penasaran kenapa Noctis terlihat lebih tua, ada Penjelasan Noctis Terlihat Tua: Cerita Final Fantasy XV Akan Berlangsung Satu Dekade Lebih!