Game Pokemon Sun & Moon Kembali Hadirkan Berbagai Fitur Baru dan Pokemon Eksklusif

| Oleh: Yudi | 21 Sep 2016 - 6:15 PM
240
0
penampakan pokemon ekslusif dalam game pokemon sun and moon

Sekitar dua bulan jelang rilis, game Pokemon Sun & Moon kembali memperlihatkan Pokemon lain dalam trailer barunya. Kali ini ada empat Pokemon–yang semuanya merupakan Pokemon ekslusif. Ekslusif di sini artinya Pokemon ini hanya terdapat di seri Pokemon Sun saja atau Pokemon Moon saja. Jadi diperlukan trading untuk memiliki semua Pokemon ekslusif.

Empat Pokemon ekslusif tersebut adalah dua model evolusi Rockruff (Iwanko); yaitu Lycanroc (Rugarugan) midday form dan mindnight form. Lalu ada Passimian dan Oranguru. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah profil dari keempat Pokemon ekslusif tersebut.

Lycanroc midday form (Pokemon Sun exclusive)
Kategori: Wolf Pokemon
Tipe: Rock
Tinggi: 78,47 cm.
Berat: 25 kg.
Ability: Keen Eye/Sand Rush

Kekuatan Solgaleo mempengaruhi Rockruff berubah ke bentuk ini. Lycanroc midday form berwujud seperti serigala, hidup menyendiri di gunung dan gurun. Pokemon ini terkenal dengan kecepatannya yang mampu membingungkan lawan. Lycanroc midday form mampu menghindari serangan lawan sembari melancarkan serangan dengan bulunya yang tajam.

Lycanroc midnight form (Pokemon Moon exclusive)
Kategori: Wolf Pokemon
Tipe: Rock
Tinggi: 109,22 cm.
Berat: 25 kg.
Ability: Keen Eye/Vital Spirit

Kekuatan Lunala mempengaruhi Rockruff berubah ke bentuk ini. Lycanroc midnight form berwujud serigala yang berdiri dengan dua kaki dan memiliki tatapan menyeramkan. Dalam pertarungan, dia memprovokasi lawan untuk menyerang lalu membalasnya dengan satu serangan mematikan. Semakin kuat lawan yang dihadapi, akan semakin menarik untuknya.

fitur z-moves dalam game pokemon sun and moon

Passimian (Pokemon Sun exclusive)
Kategori: Teamwork Pokemon
Tipe: Fighting
Tinggi: 200,66 cm
Berat: 82,7 kg.
Ability: Receiver

Pokemon berwujud mirip kera ini hidup berkelompok dalam jumlah 20–30 ekor. Mereka saling bekerjasama untuk mencari makan hingga bertarung. Passimian mengalahkan lawan dengan melempar Berries. Passimian hanya muncul dalam Pokemon Sun. Jika kalian bermain Pokemon Moon, maka perlu melakukan trading dengan orang yang bermain Pokemon Sun.

Oranguru (Pokemon Moon exclusive)
Kategori: Sage Pokemon
Tipe: Normal/Psychic
Tinggi: 149,86 cm.
Berat: 76 kg.
Ability: Inner Focus/Telepathy

Oranguru adalah Pokemon berwujud mirip orangutan yang tinggal di pepohonan tinggi di pedalaman hutan. Dia menyediakan makanan dan obat-obatan bagi Pokemon lain di dalam hutan. Oranguru hanya muncul dalam Pokemon Moon. Jika kalian bermain Pokemon Sun, maka perlu melakukan trading dengan orang yang bermain Pokemon Moon.

Selain memperlihatkan empat Pokemon ekslusif, trailer ini turut mengungkap beberapa fitur baru dalam game Pokemon Sun & Moon. Yang pertama adalah exclusive Z-Moves yang hanya dimiliki Pokemon tertentu; seperti Catastropika (Pikachu), Extreme Evoboost (Eevee), Pulverizing Pancake (Snorlax), dan Stoked Sparksurfer (Alola Raichu). Ini merupakan kemunculan perdana Z-Moves dalam seri game.

fitur pokemon bank, pokemon refresh, dan customize

Fitur kedua adalah Pokemon Bank, di mana player bisa menghadirkan kembali Pokemon-Pokemon dari seri game sebelumnya (Pokemon Omega Ruby, Alpha Sapphire, X & Y) menggunakan internet-based storage. Fitur ini turut memperbarui sistem Poke Transporter dan fitur National Pokedex. Penggunaan Pokemon Bank dan Poke Transporter nantinya akan dikenakan biaya 5 Dolar (sekitar Rp 66 ribu) per tahun.

Fitur ketiga adalah Pokemon Refresh, di mana player bisa berinteraksi dengan Pokemon-nya. Misalnya membersihkan Pokemon setelah bertarung, menyembuhkan berbagai status ailment (poisoning, paralysis, dll), memberi makan atau mengusap kepalanya. Interaksi yang baik melalui Pokemon Refresh akan membuat Pokemon menjadi partner luar biasa dalam berpetualang.

Yang terakhir adalah fitur Customization, di mana player bisa merubah penampilan dari karakter yang digunakan. Mulai dari model rambut, warna mata, hingga desain kostum warna-warni ala Alola Fashion. Pokemon Sun & Moon akan dirilis tanggal 18 November 2016 untuk Jepang dan Amerika Utara, serta tanggal 23 November 2016 untuk wilayah Eropa.