Gadget Apple Diserbu Banyak Aplikasi dan Game Termasuk Pokemon Go dan Super Mario Run

| Oleh: Yudi | 08 Sep 2016 - 4:31 PM
136
0
pokemon go di apple watch

Hari ini mungkin menjadi hari yang menggembirakan bagi pengguna gadget Apple yang tentu saja menggunakan sistem operasi iOS. Pasalnya selain peluncuran iPhone 7, gadget berlogo apel tergigit ini sedang diserbu berbagai aplikasi dan game. Dalam Apple Special Event hari Rabu kemarin, Niantic Labs mengumumkan peluncuran aplikasi Pokemon GO untuk Apple Watch.

Apple Watch adalah smartwatch dengan berbagai fitur canggih, mulai dari messanger, tracker, health monitor, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang ini adalah iPhone/iPad dalam bentuk jam tangan. Dengan diluncurkannya Pokemon GO, smartwatch ini tentu akan semakin menghibur.

pengumuman game di apple watch di apple special event

Niantic Labs menjelaskan bahwa aplikasi Pokemon GO akan segera diluncurkan untuk Apple Watch sebelum akhir tahun ini. Aplikasi ini sebetulnya memiliki fitur yang serupa dengan fitur asli Apple Watch, misalnya merekam jejak aktivitas harian atau berapa banyak kalori yang telah terbakar saat berolahraga.

Tapi tentu saja aplikasi ini memiliki fitur khusus yang berhubungan dengan game Pokemon GO. Pengguna Apple Watch versi Pokemon GO akan menerima notifikasi jika ada Pokestop atau Pokemon di sekitar mereka. Tampaknya Pokemon GO di Apple Watch ini masih menggunakan fitur “nearby” untuk menunjukan Pokemon di sekitar.

Profile player juga bisa dilihat melalui Apple Watch ini. Untuk melakukan interaksi dengan game Pokemon GO caranya tinggal melakukan swipe di permukaan smartwatch. Dalam kesempatan yang sama, Niantic Labs juga mengumumkan bahwa aksesoris Pokemon GO Plus akan segera tersedia tanggal 16 September mendatang.

Pokemon GO Plus adalah perangkat pendukung Pokemon GO yang bentuknya mirip dengan pin. Perangkat ini terhubung dengan smartphone player melalui Bluetooth dan fungsinya hampir sama seperti smartwatch. Nintendo berencana merilis perangkat ini bulan Juli, namun diundur. Pokemon GO Plus akan dijual seharga 3.500 Yen (sekitar Rp 450 ribu).

game super mario run di ios

Raksasa game Nintendo juga hadir dalam event ini dan memberi kejutan dengan merilis game Super Mario Run untuk iOS. Shigeru Miyamoto selaku game designer dari Nintendo menjelaskan bahwa game ini sama dengan game Super Mario lainnya, namun lebih sederhana dan bisa dimainkan hanya dengan satu tangan.

Dalam Super Mario Run, player diharuskan menyelesaikan sebuah level sebelum waktu yang diberikan habis. Saat permainan berlangsung, player bisa mengumpulkan koin-koin seperti yang ada di game Super Mario umumnya sembari menyelesaikan rintangan yang ada. Tugas player hanya melakukan tap agar Mario bisa melompat.

Tersedia tiga mode dalam game ini; yaitu first mode (untuk menamatkan game), second mode (vs player), dan third mode (membuat Mushroom Kingdom menggunakan koin yang telah dikumpulkan). Super Mario Run akan tersedia secara gratis di App Store untuk iOS first mulai Desember. Apple juga tengah menyiapkan sticker pack bertema Super Mario untuk iMessage.

Sementara itu Niantic Labs nampaknya bersikap makin tegas, di Update Terbaru Pokemon GO: Niantic Siapkan Fitur Buddy Pokemon dan Blokir Perangkat Mobile Yang Telah di-Root.