Flybrix: Drone Unik Anti Hancur Yang Terbuat Dari LEGO

| Oleh: Yudi | 24 Sep 2016 - 12:00 PM
121
0
flybrix ciptakan drone yang terbuat dari kepingan lego

Pasti asik dan menyenangkan jika bisa memiliki dan menerbangkan drone sendiri. Belakangan, gadget ini memang sedang naik daun. Penggunaannya pun sangat beragam, mulai dari sekedar hobi hingga hal yang lebih penting. Meskipun semakin popular, namun tak sembarangan orang bisa memiliki atau menerbangkan drone.

Alasannya apalagi jika bukan karena harganya yang tak murah. Belum lagi memang butuh keterampilan untuk bisa menerbangkan kendaraan udara tanpa awak ini. Tak heran jika salah satu sekolah di Jepang membuka kelas khusus untuk mempelajari drone.

drone dari lego yang mudah dirakit

Salah satu yang dikhawatirkan ketika menerbangkan drone adalah jika drone jatuh karena kurang mahir mengendalikan. Untuk bisa terbang lagi, bagian yang rusak karena jatuh harus diganti–yang berarti butuh biaya lagi. Berangkat dari hal tersebut, Flybrix–perusahaan asal San Fransisco, Amerika Serikat memiliki ide cemerlang untuk membuat drone dari LEGO.

Berhubung hampir seluruh bagiannya dibuat dari kepingan bricks LEGO, drone ini disebut sangat bersahabat dengan benturan. Bahkan ketika jatuh, kita bisa merakit dan menerbangkannya lagi tanpa harus mengganti apapun. Namun tak hanya itu kehebatan drone ini. Meskipun berstatus toy drone, namun Flybrix turut dilengkapi tekhnologi secanggih drone sungguhan.

Flybrix Kit drone dilengkapi delapan motor penggerak, papan sirkuit, kabel penghubung, kabel USB, dan pre-program Arduino software untuk mengendalikan drone ini melalui smartphone (iOS atau Android). Versi Deluxe-nya bahkan menyediakan controller layaknya RC–yang tentu lebih memudahkan para pemula untuk menerbangkan drone.

drone dari lego dengan berbagai kelebihan

Tak butuh waktu lama dan peralatan apapun untuk merakit Flybrix. Kita cukup melakukan tiga langkah hingga drone siap terbang; yaitu snap on, plug in, dan take off. Tak jauh berbeda dengan membuat kreasi LEGO. Asiknya lagi, drone ini bisa dengan leluasa dikreasikan bersama kepingan LEGO lain. Software-nya pun bisa diprogram ulang sesuai keinginan kita.

Ada dua pilihan Flybrix Kit yang ditawarkan. Pertama adalah Basic Flybrix Kit yang dijual seharga 149 Dolar (sekitar Rp 2 juta), kedua adalah Deluxe Flybrix Kit yang dijual seharga 189 Dolar (sekitar Rp 2,5 juta). Flybrix memang tak resmi berafiliasi dengan LEGO, namun sebaliknya, mereka kompatibel dengan seluruh building toy.

Berbicara mengenai kreasi LEGO, baca juga artikel Bikin Kreasi LEGO Lebih Fleksibel Dengan Bricks Flexo.