Fitur Pokemon GO Dinilai Belum Sesuai Dengan Video Trailernya

| Oleh: Yudi | 13 Jul 2016 - 7:45 PM
388
0
fitur trade pokemon go

Masih membahas tentang game yang sedang ramai-ramainya dimainkan dan dinanti perilisan internasionalnya, apalagi kalau bukan Pokemon GO. Kita semua sama-sama tahu jika game ini belum lama dirilis, namun ternyata The Simpsons sudah meramalkan kehadiran Pokemon GO sejak lama. Hal ini terungkap lewat sebuah foto yang sempat viral di internet dan belakangan terbukti hoax.

Sebagai game yang sangat popular dan masih dinantikan banyak orang, Pokemon GO bisa dibilang jauh dari kata stabil dan sempurna. Belum selesai dengan masalah server, yang membuat Niantic terpaksa menunda perilisannya di Inggris dan Belanda, kini mulai muncul pertanyaan tentang fitur-fitur yang dijanjikan dalam video trailernya.

real-time battle pokemon go

John Hanke selaku CEO Niantic menjelaskan bahwa pihaknya memang sedang melakukan pembenahan terkait masalah server. Di samping itu, mereka juga terus melakukan beberapa update yang direncanakan berjalan sekitar dua minggu sekali. Namun hal lain yang tak kalah penting adalah belum hadirnya fitur seperti yang diperlihatkan dalam video trailer akhir September lalu.

Dalam trailer, setidaknya diperlihatkan empat fitur penting. Yaitu, Pokemon trading, animated graphic, PvP, dan group battle. Soal Pokemon trading, Hanke menjelaskan bahwa fitur ini adalah salah satu elemen inti dan akan segera hadir dalam waktu dekat. Fitur animasi dalam trailer juga berbeda dengan kenyataan. Dalam trailernya pula, Pokemon yang muncul terlihat dinamis. Namun dalam kenyataannya, Pokemon yang muncul hanya bergerak seadanya dan kurang menarik.

Penggemar Pokemon mungkin berharap akan ada fitur PvP dalam Pokemon GO, seperti yang terjadi dalam serial game Pokemon dan juga diperlihatkan dalam trailer. Nyatanya, saat ini fitur battle di Pokemon GO masih terbatas. Player hanya bisa bertarung di Gym, dan itu pun bukan real-time battle. Hal sama juga terjadi untuk fitur group battle di Pokemon GO yang masih menjadi pertanyaan kapan akan diwujudkan.

multiplayer pokemon go

Untungnya Niantic telah memikirkan kelanjutan dari tiga fitur tersebut (animated graphic, PvP, dan battle group). Sebagai developer, mereka menjelaskan bahwa apa yang ada saat ini merupakan langkah awal pengembangan Pokemon GO selanjutnya. “Kami masih mengeksplorasi aspek seperti PvP atau multiplayer. Kami akan mencari cara terbaik untuk menghadirkan fitur tersebut,” jelas Archit Bhargava dari kepala produksi dan pemasaran Niantic.

Fitur PvP dan battle group ini rasanya cukup penting dan sangat bagus jika bisa dilakukan secara real-time. Apalagi mengingat cita-cita Nintendo dan Niantic Labs yang ingin menjadikan Pokemon GO sebagai media untuk menyatukan dan bersosialisasi dengan seluruh penggemar Pokemon di dunia. Semoga saja fitur-fitur tersebut lekas hadir. Tak kalah penting, semoga Pokemon GO segera dirilis resmi di Indonesia.

Tapi walaupun demikian, kesuksesan Pokemon GO di seluruh dunia tetap saja bikin Hollywood makin kebelet bikin film live action Pokemon.

.