Fitur Parental Controls Nintendo Switch Memungkinkan Orangtua Mengawasi Permainan Anaknya

| Oleh: Kylo | 14 Jan 2017 - 11:08 AM
108
0
pengaturan time limit di parental controls nintendo switch

Orangtua yang baik dan menyayangi anaknya pasti akan selalu menginginkan dan mengusahakan yang terbaik untuk buah hatinya. Melalui aplikasi Parental Controls dari Nintendo, para gamer yang telah menjadi orangtua bisa mengatur kegiatan bermain anak mereka via sebuah aplikasi khusus yang dapat diunduh untuk smartphone.

Dengan aplikasi menarik ini, orangtua dapat mengatur jam bermain game dari anak dan juga memantaunya game apa saja yang dimainkannya di Nintendo Switch.

Dengan fitur Parental Controls, orangtua akan bisa membatasi berapa jam waktu yang diperbolehkan bagi anak-anaknya untuk bermain game di Nintendo Switch. Ayah atau ibu akan dapat mengatur seberapa lama waktu bermain anak. Yah, boleh dibilang jadi mirip dengan billing yang terdapat di warnet-warnet gitu. Pembatasan waktunya bisa dimulai dari 15 menit hingga beberapa jam. Nah, batasan waktu itu nanti akan muncul pada bagian kiri atas dari layar televisi ketika si anak sedang asik bermain.

fitur parental controls nintendo switch

Jika waktu limitnya sudah berakhir dan sang anak masih "bandel" dengan terus asyik bermain. Maka ada satu solusi terakhir agar si anak dapat mematuhi kesepakatan waktu bermain game yang telah disepakati bersama dengan orangtuanya. Solusi pamungkas ini sebenarnya agak menyakitkan namun demi masa depan anak dan untuk memperkenalkan ia dengan pembagian waktu antara bermain game dan belajar, tindakan tegas memang harus dilakukan.

Solusi final tersebut adalah pilihan “suspend software” akan menonaktifkan game yang sedang dimainkan anak. Dengan mengaktifkan pilihan tersebut maka hardware NIntendo Switch akan menampilkan pesan di layar yang isinya menyatakan secara tidak langsung bahwa "waktu bermain telah habis."

Oh ya, dengan Parental Controls orang tua akan bisa mengetahui game apa saja yang sering dimainkan oleh anak dan berapa jam yang telah mereka habiskan untuk memainkannya. Laporan ini akan hadir di aplikasi tersebut setiap bulannya. Dengan adanya informasi ini, orangtua bisa bermain bersama dengan memilih game yang paling disukai oleh anak mereka.

aplikasi parental controls nintendo switch

Tambahan terakhir yang enggak kalah penting, aplikasi Parental Controls akan bisa membatasi game-game Nintendo Switch yang ada berdasarkan rating. Jadi jika anak masih berusia dibawah 17 tahun maka sebagai orangtua ada baiknya game-game yang memiliki rating M atau mengandung unsur kekerasan yang parah dan juga pornografi untuk diblokir sementara waktu.

Penggunaan fitur berbagai video atau foto dari game ke media sosial juga bisa dinon-aktifkan. Maklum, sekarang banyak anak-anak yang masih sangat belia sudah masuk ke media sosial dan terpengaruh dengan banyak hal-hal negatif yang ada disana.

Wuih, keren juga yah aplikasi Parental Controls dari Nintendo Switch ini. Bahkan Bowser yang terlihat galak dan ganas itu bisa menjadi ayah yang sangat menyayangi anaknya, Bowser Jr, via trailer lucu dan menggemaskan yang diunggah oleh Nintendo di event presentasi Nintendo Switch 2017, hihi. Rasanya para gamer yang telah menjadi orang tua akan jadi lebih tertarik untuk membeli Nintendo Switch dengan keberadaan aplikasi ini. Bukan tidak mungkin, malah aplikasi Parental Controls nantinya akan menjadi fitur favorit para orangtua.  

Aplikasi Parentals Controls dari Nintendo Switch akan tersedia untuk perangkat mobile berbasis iOS dan android.

Buat yang masih penasaran dengan Joy-Con Nintendo Switch, simak Inilah 10 Fakta Kontroler Joy-Con Nintendo Switch.