Final Fantasy IX: Akhirnya Muncul Juga Versi Mobile Final Fantasy!

| Oleh: Yudi | 12 Feb 2016 - 2:51 PM
177
0
final fantasy ix

Zidan Tribal dan kawanannya kembali menyapa penggemar Final Fantasy melalui mobile game terbaru. Hal ini disampaikan oleh pihak Square Enix yang akhirnya merilis game Final Fantasy IX untuk smartphone dengan platform iOS dan Android.

Game yang ber-genre JRPG (Japan RPG) ini sudah bisa didapatkan di App Store dan Google Play dengan membayar sebesar $17 USD (sekitar Rp 236.500). Ini adalah harga setelah diskon 20%. Diskon ini hanya berlaku hingga tanggal 21 Februari mendatang. Cukup mahal memang, namun player tak perlu mengeluarkan budget lebih karena tak ada fitur in-app purchase dalam game ini.

Masih mengambil plot cerita yang sama, yaitu rencana Zidan dan Tantalus Theater Troupe untuk menculik Princess Garnet, sang pewaris takhta Alexandria. Di luar dugaan, ternyata Princess Garnet sendiri ingin melarikan diri dari kastil. Ditemani pengawal pribadinya, Steiner, Princess Garnet akhirnya justru berpetualang bersama Zidan. Mereka bertemu banyak karakter menarik, seperti Vivi dan Quina. Mempelajari rahasia kekuatan Crystal dan melawan kejahatan yang ingin menghancurkan dunia.

game mobile final fantasy

Meskipun judulnya adalah mobile game, namun pihak Square Enix tak ingin mengecewakan seluruh fans. Mereka menghadirkan karakter game, movie, dan cutscene dengan detail HD. Fitur dalam gameplay juga turut ditingkatkan untuk membuat game semakin menarik. Berikut beberapa fiturnya:

Abilities
Karakter akan mendapat kemampuan baru dengan memakai item. Saat kemampuan ini telah dikuasai, mereka bisa menggunakan kemampuan tersebut tanpa memakai item.

Trance
Saat bertarung, setiap serangan yang dilakukan akan mengisi bar Trance. Ketika bar ini terisi penuh, karakter akan memasuki Trance Mode dan mendapatkan skill baru yang lebih kuat.

Synthesis
Player dapat mengkombinasikan dua item atau equipment untuk menciptakan item baru yang lebih kuat.

Mini-Games
Player dapat menikmati beberapa mini-games, seperti Chocobo Hot and Cold, Jump Rope, atau Tetra Master. Jika menang, player juga akan mendapat hadiah berupa special item.

game final fantasy ix

Selain fitur di atas masih ada fitur lain seperti Achievements, Autosave, dan Seven game boosters (Cheats) yang di dalamnya telah termasuk 9.999 hit damages, high speed mode dan no encounter mode. Cheats ini tentunya sangat membantu bagi player yang ingin segera menyelesaikan game.

Mengingat banyaknya fitur yang ditawarkan, tak heran jika Final Fantasy IX memerlukan OS yang cukup up to date. Setidaknya diperlukan iOS 7.0 atau Android 4.1. Sebelum memutuskan untuk men-download, pastikan ada sekitar 8GB yang tersisa dalam memory. Karena game ini memiliki filesize sebesar 4GB, jadi bersabarlah saat proses download dan instalasi berlangsung.

Final Fantasy IX sendiri adalah game yang awalnya dirilis Square Enix untuk konsol PSX. Namun dibanding seri game Final Fantasy lainnya, Final Fantasy IX banyak dinilai sebagai yang terbaik. Terbukti dari penjualannya yang telah mencapai 5.5 juta kopi sejak kemunculan pertamanya di tahun 2000. Alasan ini juga yang membuat Square Enix akhirnya kembali merilis Final Fantasy IX dalam bentuk mobile game.

.