Film Jungle Book Sepanjang Jaman: Ternyata Ada Versi Animasi Rusia dan Anime!

| Oleh: Rio | 04 Apr 2016 - 1:22 PM
486
0
film jungle book 1942

Sebentar lagi film The Jungle Book bakalan diputar di bioskop pada tanggal 8 April. 2016 nanti. Kalau kamu berpendapat film ini bukan film live action pertama Jungle Book, kamu memang benar. Tapi tahukah kamu bahwa The Jungle Book sudah sejak dulu dibuat versi adaptasi ke layar film dan animasi? Malahan ada versi animasi Rusia dan anime, loh!

Jungle Book (1942)
Merupakan adaptasi pertama dari karya Rudyard Kipling ke layar film. Menariknya, film live action ini dibuat selama Perang Dunia II berkecamuk sehingga pengambilan gambar hanya bisa dilakukan dalam studio. Disutradarai oleh Zoltan Korda, film ini mencuatkan nama Sabu Dastagir yang memerankan Mowgli yang dianggap sebagai aktor berdarah India pertama yang menembus perfilman di Hollywood. Hebatnya walau pengambilan gambar hanya di sekitar Hollywood, namun suasana hutannya dianggap luar biasa dan banyak menggunakan hewan liar asli. Bahkan juga menyabet nominasi 4 Oscar.

The Jungle Book (1967)
Film ini juga bisa dianggap bersejarah karena merupakan film terakhir yang ditangani oleh Walt Disney sendiri. Juga merupakan film animasi Jungle Book yang pertama. Sayangnya Walt Disney keburu wafat ketika film ini masih dalam penggarapan. Namun Walt Disney-lah yang meminta menghilangkan banyak elemen dari kisah asli Rudyard Kipling yang dianggap terlalu “gelap” sehingga jadi pas untuk tontonan buat anak-anak. 

animasi jungle book rusia dan animasi jepang

Adventures of Mowgli (1967)
Kepopuleran Jungle Book ternyata sampai juga ke Uni Soviet. Sutradara Roman Davydov membuat lima film animasi pendek, Adventures of Mowgli berbahasa Rusia antara tahun 1967 sampai 1971 di studio film Soyuzmult. Lalu pada tahun 1973 kelima film animasi pendek itu disatukan menjadi sebuah film animasi layar lebar. Dibanding film animasi The Jungle Book-nya Disney, Adventures of Mowgli lebih mirip buku aslinya yang menampilkan lebih banyak ketegangan, semangat bertahan hidup dan kepahlawanan. Uniknya, Mowgli digambarkan mirip Tarzan dan tidak merepresentasikan anak berdarah India, namun mirip remaja jangkung Rusia. Lagipula, tokoh Bagheera di animasi ini digambarkan sebagai panther betina.

Jungle Book Shonen Mowgli (1989)
Jepang nampaknya tak mau ketinggalan membuat adaptasi Jungle Book. Tahun 1989 TV Tokyo mulai menayangkan anime The Jungle Book karya sutradara Fumio Kurokawa. Dibuat sebanyak 52 episode, penulis skenario anime ini, Kimio Yabuki mengambil jalan tengah antara versi Disney dan versi asli bukunya. Anime ini laris juga diputar di berbagai negara. Malahan di India film animasi ini diberi lagu tema lokal berjudul Jungle jungle baat chali hai yang sangat populer. Sampai-sampai banyak penonton di India mengira tayangan ini buatan asli India dan tidak sadar merupakan sebuah anime.

Rudyard Kipling’s The Jungle Book (1994)

Maksud hati ingin membuat film Jungle Book yang sedekat mungkin dengan spirit buku aslinya. Namun film yang dibintangi Jason Scott Lee ini malah lebih terasa mirip Indiana Jones di mata para penonton yang sudah terbiasa dengan versi Disney. Walaupun kisahnya tentang Mowgli yang dibesarkan di hutan, tapi dia sempat hidup di peradaban dan kembali untuk mencari harta karun di hutan.

film disney's the jungle book 2016

The Second Jungle Book: Mowgli & Baloo (1997)
Film live-action ini dibintangi oleh Jamie Williams sebagai Mowgli dan syutingnya berlokasi di Gunung Kandy, Sri Langka. Malahan juga ikut dibintangi aktor-aktor Sri Lanka Sunil Hettiarachchi dan Raja Sumanapala. Kisahnya setelah ditemukan oleh Shere Khan dan melarikan diri, petualangan Mowgli membawanya bertemu dengan pengelola sirkus bernama Harrison dari Amerika.

The Jungle Book 2 (2003)
Film produksi Disney Toon Studios ini merupakan film animasi musikal. Juga merupakan sekuel dari film animasi Disney, The Jungle Book (1967). Suara Mowgli diisi oleh Haley Joel Osment dan suara Baloo diisi oleh John Goodman. Ceritanya masih berasal dari adaptasi buku The Jungle Book dan bukannya The Second Jungle Book. Sayangnya para kritikus menyoroti kualitas animasinya yang biasa-biasa saja dan kemiripannya cerita dengan film pertamanya.

The Jungle Book (2016)
Nah, inilah film live action terbaru Jungle Book yang sebentar lagi bakal diputar di bioskop. Film live action garapan Disney ini disutradarai oleh John Favreau dan dibintangi oleh Neeel Sethi yang keturunan India sebagai Mowgli dan banyak aktor terkenal lain mulai dari Idris Elba sampai Scarlett Johanson yang mengisi suara Kaa. Menariknya juga dibuat versi India oleh Disney dimana pengisi suara Kaa diganti dengan Priyanka Chopra.

Nah, mau baca review lengkap fil The Jungle Book yang baru saja di remake oleh Disney? silakan klik link di bawah ini ya!

.