Ferrari Diecast Owner's Club Indonesia (FDOCI): Komunitas Pecinta Die-Cast Ferrari

| Oleh: George | 13 Nov 2015 - 11:00 AM
341
0
kunjungan fdoci ke showroom ferrari

Siapa yang enggak kenal Ferrari? Mobil sport eksotis asal Italia itu memang banyak dikagumi karena kecepatan dan keindahan desainnya. Nah, salah satu jalan untuk mengagumi Ferrari adalah dengan mengoleksi mobil-mobilan die-castnya seperti yang dilakukan oleh komunitas Ferrari Diecast Owner's Club Indonesia (FDOCI).

Klub yang berdiri tahun 2012 ini dimulai oleh Kak Dravy Pritama yang waktu itu sudah mulai mengoleksi die-cast Ferrari namun bingung harus sharing informasi sama siapa. Paling-paling hanya bersama adiknya, Affan Aswad. Akhirnya Kak Dravy mulai mencari sesama kolektor die-cast Ferrari di Facebook. Niatnya untuk saling sharing mengenai koleksi die-cast Ferrari.

Namanya juga komunitas yang khusus mengoleksi die-cast Ferrari, tak heran kalau koleksi mereka keren-keren. Berbagai merek die-cast dengan model Ferrari mulai dari merek yang umum seperti Hot Wheels, Matchbox dan Burago, sampai ke mainan mobil-mobilan resin merek Amalgam yang menurut Kak Yudith (Humas FDOCI) harganya mencapai puluhan juta Rupiah!

wawancara fdoci di radio

Walau begitu mereka enggak membeda-bedakan merek die-cast, kok. Dasarnya asal suka dengan die-cast bermodel Ferrari, mereka tidak mempermasalahkan soal merek atau skala, kok! Komunitas yang kini diketuai oleh Pak Faisal Rogas Daulay itu memang tidak rumit dalam menerima anggota. Bahkan untuk bergabung dengan FDOCI cukup join grup Facebook Group-nya dan memposting dua koleksi die-cast Ferrari kita. Warna, merek, dan skalanya dibebaskan.

Sekarang FDOCI sudah berhasil menggaet 2000 member yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia. Malah ada juga member dari luar negeri (Amerika Serikat dan Brazil). “Bahkan ada yang dari Malaysia juga yang mau jadi member. Nampaknya itu karena di luar negeri komunitas kurang berkembang, tidak seperti di sini,” ujar Kak Dravy pendiri FDOCI.

Walaupun berbasis Facebook, kegiatan FDOCI seru-seru juga, loh! Misalnya saja sering tampil di event pameran die-cast atau toys fair. Tiap kali membuka booth di event pameran die-cast atau toys fair, selain menggelar koleksi die-cast Ferrari, member FDOCI juga tampil mencolok dengan baju dan aksesoris bertema Ferrari.

ferrari diecast owner's club indonesia

Kegiatan yang sering dilakukan FDOCI adalah rutin nonton F1 bersama Komunitas F1 Indonesia di Munchies Dine & Lounge, Kota Kasablanka. Tak hanya menonton lewat televisi, bahkan sampai nonton F1 langsung di Malaysia dan Singapura. Mereka juga sering diundang wawancara di televisi dan radio serta pernah mengunjungi langsung showroom Ferrari Jakarta.

Kegiatan FDOCI yang berbasis Facebook sendiri ada yang unik, loh. Diantaranya tiap Senin ada yang disebut Ferrari Diecast Like Monday (FDLM) dengan mengambil tema yang ditentukan oleh admin grup. Dalam FDLM ini, setiap member hanya boleh memposting/sharing koleksiannya sesuai dengan tema. Misalnya jika tema FDLM ditentukan tentang Ferrari hitam, maka yang boleh diposting hanya foto koleksi die-cast Ferrari yang berwarna hitam.

Nah, mau bergabung dengan mereka karena juga suka dengan die-cast Ferrari? Join aja di Facebook Group Ferrari Diecast Owner's Club Indonesia (FDOCI), ya! 

.