Fans Star Wars Asal Jepang Ciptakan Kreasi Levitasi Millennium Falcon

| Oleh: Yudi | 17 Dec 2016 - 8:30 PM
68
0
model millenium falcon melayang buatan fans jepang

Hype tentang film terbaru Star Wars, Rogue One: A Star Wars Story sepertinya memang tak terlalu terlihat jika dibanding film sebelumnya. Meskipun tak sedikit yang mengatakan film ini “kurang Star Wars,” namun film dengan cerita baru yang fresh ini tetap mendapat sambutan cukup baik dari para penggemar. Tak terkecuali dengan penggemar asal Jepang pemilik akun Twitter @HanakiMasatoshi berikut.

Pria ini punya cara sendiri dalam menyambut film Rogue One yang ditayangkan di Jepang mulai tanggal 16 Desember kemarin. Dia memadukan ketrampilan tangan dan ilmu sains untuk membuat sebuah model pesawat luar angkasa terkenal dari Star Wars, yaitu Millennium Falcon.

kreasi millennium falcon dengan sistem magnetic levitation

Sebagai salah satu pesawat luar angkasa yang populer, Millennium Falcon memang kerap kali menjadi objek kreasi selama bertahun-tahun. Namun HanakiMasatoshi memastikan kreasi miliknya berbeda dan luar biasa, karena memadukan unsur keterampilan tangan dan ilmu sains. Melalui video yang diunggah di Twitter-nya, terlihat model Millennium Falcon miliknya berputar dan melayang di udara.

Bersama video tersebut, dia menjelaskan bahwa efek melayang (levitasi) tersebut didapatkan dengan menggunakan magnetic levitation system, atau biasa juga disingkat menjadi maglev. Teknologi atau sistem maglev ini umumnya digunakan dalam transportasi modern, seperti kereta super cepat (bullet train). Namun sistem yang digunakan HanakiMasatoshi hanya dalam porsi kecil dan sederhana.

Dia mendapatkan perangkat sistem maglev tersebut dari perusahaan asal Belanda, Crealev. Perangkat ini memiliki bagian base yang terlihat seperti rangkaian elektronik dan magnet, serta bagian objek yang bisa melayang. Objek melayang inilah yang digabungkan HanakiMasatoshi ke dalam model Millennium Falcon-nya.

mainan levitasi millennium falcon

Hasilnya, kreasi levitasi model Millennium Falcon yang mampu melayang dan berputar setinggi 70 sentimeter dari base-nya. Sebetulnya ini adalah kreasi levitasi Millenium Falcon kedua dari HanakiMasatoshi. Tahun lalu dia juga membuat kreasi serupa untuk menyambut pemutaran film Star Wars: The Force Awakens. Namun saat itu Millenium Falcon-nya belum melayang setinggi kreasinya saat ini.

Dengan rencana Star Wars yang akan merilis film barunya setiap tahun, mungkin saja tahun depan HanakiMasatoshi kembali berniat membuat kreasi levitasi pesawar luar angkasa Star Wars lainnya. Perusahaan asal Taiwan, Beast Kingdom juga sempat mengeluarkan mainan semacam ini bernama Millennium Falcon Magnetic Floating Version, Egg Attack EA-020, Star Wars: Episode V - The Empire Strikes Back.