Fakta-fakta Unik LEGO: LEGO Bukan Pencipta Bricks Tapi Menyempurnakan

| Oleh: Willy | 29 Aug 2015 - 1:16 PM
215
0
lego terinspirasi kiddicraft

LEGO Bukan Penemu Bricks
Selama ini mungkin kita mengira LEGO adalah penemu asli desain bricks yang terkenal itu. Namun walau LEGO sudah menjual mainan di Billund, Denmark sejak tahun 1932, tapi belum menjual bricks seperti yang kita kenal sekarang.

Sampai pada tahun 1949 pendiri LEGO, Ole Kirk Kristiansen ditawari mesin pembuat barang dari plastik oleh seorang salesman. Selain akhirnya membeli mesin tersebut, Ole dan anaknya, Godtfred juga tertarik pada mainan bricks bernama Kiddicraft yang dibawa sang sales. Ole kemudian menyempurnakan desain bricks Kiddicraft dengan membuat semacam tabung pada bagian bawah bricks agar sambungan antar bricks makin kuat.

Tahun 1958 Ole Kirk Kristiansen membuat versi bricks-nya sendiri dan sukses. Mungkin tanpa menyadari kalau Hilary Fisher Page (pendiri Kiddicraft) sudah mematenkan bricks buatannya. LEGO lantas belakangan membeli perusahaan Kiddicraft dan Ole Kirk Kristiansen secara terbuka menyatakan terinspirasi oleh Hilary Fisher Page.

bricks lego

Sangat Presisi
Bricks LEGO terbuat dari adonan plastik Acrylonitrile Butadiene-Styrene (ABS). Sebelum dicetak, bahan ini harus dipanaskan antara 230-310 derajat Celcius, lalu didinginkan selama sekitar 10 detik. Hebatnya, diperkirakan dari tiap sejuta keping bricks LEGO, hanya 18 keping bricks LEGO yang mengalami ketidaksempurnaan dan harus disortir. Padahal tingkat presisi tiap bricks LEGO sangat tinggi. Demi sambungan antar bricks yang kokoh, tingkat toleransi perbedaan dimensi yang diijinkan hanya 0,005 mm!

Maksud Nomor di Bricks LEGO
Perhatikan deh, pada bagian dalam tiap bricks LEGO ternyata ada nomer tertentu. Biasanya terdiri dari tiga angka. Ternyata  angka tersebut merupakan kode mesin pencetak bricks. Sehingga jika ditemukan kecacatan pada bricks ketika proses quality control, bisa langsung dilacak mesin mana yang bermasalah dan langsung diatasi dari sumbernya.

lego produsen ban terbanyak

Sangat Kuat
Walaupun terbuat dari plastik dan umumnya ukurannya juga tidak seberapa, jangan pernah meremehkan kekuatan sekeping bricks LEGO.  Sekeping bricks LEGO umumnya mampu menahan gaya sampai 950 pon lebih atau sekitar 430 kg!

Kok Suka Lebih Ya?
Biasanya setelah selesai merakit set LEGO, kita masih sering menemukan beberapa part ekstra yang tidak terpakai. Umumnya part tersebut memang kecil. Ternyata kelebihan tersebut terjadi karena memang part yang terlalu kecil sulit untuk ditimbang dengan pas secara otomatis. Sisi baiknya, kita memang punya jadi cadangan parts.

Produsen Ban Terbanyak
Ternyata LEGO memproduksi tak kurang dari 318 juta ban dalam setahun. Ini jauh melebihi jumlah ban yang diproduksi perusahaan ban manapun, baik Goodyear, Bridgestone, Firestone atau Michelin. Ternyata LEGO mencatat sekitar separuh dari set yang mereka produksi memang terdapat ban di dalamnya. Wah, pantas!