Fakta-fakta Seru Minifigure LEGO: Minifigure Emas Harganya Sampai Rp 15 Jutaan!

| Oleh: Willy | 02 Sep 2015 - 1:25 PM
578
0
minifigure lego versi awal

Suka mengoleksi minifigure LEGO? Kalau begitu harus baca terus yang satu ini. Soalnya walaupun bentuknya kecil, ternyata minifigure LEGO banyak menyimpan cerita unik. Malah ada yang harganya mahal banget, loh!

Ketika muncul pertama kali tahun 1975, minifigure LEGO masih kaku. Masih cenderung berbentuk kotak tanpa tangan. Kakinya juga masih menyatu dan tidak bisa digerakkan. Bahkan juga masih tidak berwajah. Namun sejak 1978 pelan-pelan minifigure LEGO mulai berbentuk seperti yang kita kenal sekarang.

tahun 1978 minifigure lego mulai bertangan dan kaki

Awalnya semua minifigure LEGO berwarna kuning. Hal itu ternyata bukan tanpa sebab. Karena menurut LEGO, warna kuning adalah warna yang paling netral dalam hal rasial. Maklum kalau diberi warna putih, kesannya bule banget. Barulah setelah LEGO membuat beberapa set berlinsensi seperti NBA, akhirnya ada minifigure LEGO berwarna sesuai warna kulit pemain NBA yang didominasi pemain kulit hitam. Sejak itu minifigure LEGO berlisensi mengikuti warna kulit asli karakter yang dibuat minifigure-nya.

Pernah mencopot atau memasang kepala minifigure LEGO dan iseng memperhatikan enggak? Kalau pernah, pasti tau kalau kepala minifigure LEGO itu memang berlubang dan kopong. Tenyata adanya lubang itu disengaja sebagai pengaman. Jika sampai tidak sengaja kepala minifigure tersebut tertelan anak-anak, tidak sampai menyebabkan tersedak total sampai menutup jalan napas. Sebab masih ada lubang kecil yang memungkinkan udara untuk lewat.

mr. hold minifigure lego termahal

Nah, yang ini agak ilmiah sedikit tapi dijamin enggak bikin pusing, kok. Berdasarkan penelitian University of Canterbury di Selandia Baru, ternyata ekspersi wajah minifigure LEGO makin lama makin ekspresif. Kalau awalnya hanya wajah seperti tersenyum, maka belakangan makin banyak variasi ekspresi seperti marah atau menggeram. Riset University of Canterbury yang dipimpin oleh Christoph Bartneck  ini meneliti lebih dari 3000 minifigure LEGO keluaran tahun 1975 sampai 2010.

Menyadari bahwa minifigure sangat banyak penggemar dan kolektor, mulai tahun 2010 LEGO mulai merilis minifigure dalam pack. Tiap seri terdiri dari 16 karakter yang dijual terpisah dalam plastik tidak tembus pandang. Minifigure LEGO dalam pack ini segera populer dan sukses di pasaran.

Sementara itu minifigure LEGO termahal ternyata berasal dari Minifigure LEGO dalam pack series 10 yang dirilis tahun 2013. Dalam series 10 itu terdapat minifigure bernama Mr. Gold yang memang memang punya lapisan gold chrome plated. Minifigure berbentuk orang bertopi dan memegang tongkat berujung permata tersebut di pasaran kolektor mencapai harga 500 sampai 1100 dolar atau sekitar Rp 7 juta sampai 15 jutaan. Maklum jumlahnya memang terbatas hanya dibuat 5000 buah saja. 

.