Fakta-Fakta Menarik Film Transformers Pertama, The Transformers: The Movie

| Oleh: Kylo | 15 Aug 2016 - 12:30 PM
1733
0
film the transformers: the movie

Walau film Tranformers live-action garapan Michael Bay telah menghasilkan empat buah film dengan keuntungan yang fantastis, namun di hati para fans sejati Transformers masih belum bisa menggantikan posisi film animasi keluaran tahun 1986, The Transformers The Movie. Tahun 2016 ini film Transformers pertama tersebut memperingati hari jadi yang ke-30. Untuk merayakannya mari kita lihat sepuluh fakta menarik dari film yang mempopulerkan kalimat “Till All Are One” di Transformers universe itu.

1. Salah satu adegan yang paling mengejutkan, menyedihkan tapi berkesan dan tetap bertahan di hati para penggemarnya dari film animasi ini adalah kematian dari Optimus Prime. Sang pemimpin Autobot yang tangguh dan penuh welas asih itu akhirnya tewas setelah bertarung mati-matian melawan pimpinan Decepticon, Megatron. Setelah Optimus mewariskan Matrix of Leadershipnya ke Ultra Magnus, tubuhnya menjadi kaku dan berubah warna. Perubahan warna ini menurut sutradara Nelson Shin untuk memperlihatkan bahwa jiwanya telah meninggalkan tubuhnya.

2. Walau target penontonnya adalah anak-anak namun versi teaterikal resminya menampilkan adegan Spike yang berkata agak kasar, "oh s**t". Penambahan kalimat yang agak kasar itu sebenarnya bagian dari strategi. Karena tanpa hal tersebut, filmnya akan diberi rating G di negara Paman Sam dan film yang memiliki rating tersebut tidak akan terlalu sering diputar di bioskop.

film the transformers: the movie 1986

3. Banyaknya karakter yang tewas di film sebenarnya merupakan taktik Hasbro karena ingin memperkenal lini mainan yang baru buat season ketiga. The Transformers: The Movie merupakan film yang didesain menjadi “jembatan” antara season kedua dan season ketiga dari seri animasi televisinya. Seting waktu The Transformers: The Movie berlangsung dua dekade setelah season kedua.

4. The Transformers: The Movie menampilkan karakter Autobot “wanita” pertama, Arcee (pengisi suaranya Susan Blu). Awalnya Arcee yang berwarna putih dan pink itu dapat berubah menjadi mobil, namun di inkarnasi berikutnya ia berubah menjadi motor. Debut live-actionnya ada di film Transformers: Revenge of the Fallen pada tahun 2009.

5. Legenda Hollywood, Orson Welles mengakhiri karirnya di layar lebar pada film ini dimana ia mengisi suara planet yang dapat bertransformasi menjadi robot berukuran maha besar Unicron. Sang legenda meninggal lima hari sesudah ia merampungkan sesi pengisian suaranya. Suara transformers yang awalnya bernama Ingestor itu terdengar agak berat dan serak, dikarenakan kondisi beliau yang memang saat itu sedang mengalami gangguan pernapasan.

6. Selain pengisi suara reguler serial Transformers seperti Peter Cullen (Optimus Prime) dan Fran Welker (Megatron), para bintang terkenal pada masa itu juga meminjamkan suaranya di film ini seperti Judd Nelson sebagai Hot Rod/Rodimus Prime (yang nantinya digadang-gadang menggantikan Posisi Optimus Prime di film Transformers: The Last Knight), Eric Idle sebagai Wreck-Gar yang kocak, Casey Kasem sebagai Cliffjumper, Scatman Crothers sebagai Jazz dan Leonard Nimoy sang legenda dari franchise Star Trek yang mengisi suara Galvatron, inkarnasi terbaru dari Megatron yang telah direkonstruksi ulang oleh Unicron. Uniknya Nimoy kembali lagi ke franchise Transformers sebagai pengisi suara tokoh antagonis, Sentinel Prime di film Transformers: Dark of the Moon.

fakta film the transformers: the movie

7. Marvel selain menerbitkan komik-komik superhero pada tahun 80-an juga merilis komik-komik Transformers termasuk versi adaptasi dari The Transformers: The Movie yang dibuat menjadi tiga bagian. Di versi komiknya yang menggunakan naskah awal dari film, menampilkan desain alternatif Autobot Matrix dan kematian Ultra Magnus yang berbeda.

8. Michael Bay tidak terlalu memperdulikan film klasik ini ketika ia menggarap film live-action Transformers di tahun 2007. Ketika sedang menyelanggarakan promosi Revenge of the Fallen, sang sutradara mengatakan kepada situs Wired bahwa banyak fans berat Transformers yang menyarankan agar dirinya untuk menonton versi film animasi tahun 1986 dari Transformers. Karena banyak sebagian besar orang yang merasakan bahwa franchise film Transformers versinya menghancurkan kenangan masa kecil mereka.

9. Lagu ikonik, The Touch awalnya dibuat oleh Stan Bush dan rekan penulis Lenny Macaluso untuk film Cobra yang dibintangi oleh Sylvester Stallone. Namun akhirnya takdir membawa lagu tersebut ke The Transformers: The Movie bersama lagu berjudul Dare yang juga dari Bush dan lagu-lagu dari Weird Al Yankovic dan Spectre General.  

10. Pada perayaan ultahnya yang ke-20, IDW merilis versi adaptasinya sendiri. Yang menambahkan beberapa scene seperti pertarungan para combiner yang hilang dan Omega Supreme di Ark. Juga scene dimana Shockwave dan Reflector dihancurkan oleh Unicron.

 Versi restorasi dan remaster dari The Transformers: The Movie yang akan tampil dalam resolusi 4K akan hadir dalam versi Blu-ray pada tanggal 13 September mendatang.

.