Fakta-fakta Fidget Spinner: Ternyata Penemunya Enggak Dapat Apa-apa!

| Oleh: Willy | 13 May 2017 - 10:09 PM
6635
0
fakta-fakta fidget spinner

Penemu
Fidget Spinner ditemukan oleh Catherine Hettinger pada tahun 1996. Ceritanya saat itu ia menderita penyakit otot sehingga tidak dapat bermain dengan putrinya. Lalu ia terbersit ide membuat mainan seukuran telapak tangan yang dapat berputar. Ia membuatnya untuk membantu anak-anak berkonsentrasi terutama bagi penderita ADHD.

Catherine Hettinger mempatenkan penemuannya, namun pada tahun 2005 ia tidak dapat memperpanjang hak patennya karena tidak memiliki dana sebesar 400 Dolar (sekitar Rp 5,2 juta) yang diperlukan. Tak disangka, 10 tahun setelah penemuannya, Fidget Spinner jadi tren dimana-mana. Sayang ia tak dapat menikmati hasil penemuannya karena sudah tak memiliki hak patennya. Kasihan ya?

penemu fidget spinner

DIY
Selain membeli jadi, di luar negeri banyak pecinta Fidget Spinner yang menempuh jalan DIY (Do It Yourself) alias membuat sendiri Fidget Spinnernya. Baik dari kayu, logam, atau lebih canggih lagi memanfaatkan teknologi printer 3D.

Bearing
Bearing yang sering disebut sebagai laher, laker, atau kelaher adalah bagian terpenting dari Fidget Spinner. Namun yang benar-benar penting adalah bearing yang berada di bagian tengah Fidget Spinner karena merupakan poros dari Fidget Spinner.

Bearing yang digunakan pada kebanyakan Fidget Spinner ternyata ukurannya mirip dengan ukuran bearing roda skateboard. Untuk materialnya, ada yang terbuat dari metal, hibryd, dan full keramik yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Bobot
Selain bearing pada bagian tengah, bobot pemberat yang biasanya ditempatkan pada ujung-ujung bilah Fidget Spinner ternyata juga memegang peranan dalam hal putaran. Makin berat bobot pemberat Fidget Spinner, juga membantu daya sentrifugal dari Fidget Spinner. Itu juga sebabnya Fidget Spinner yang terbuat dari logam umumnya dapat berputar lebih lama. Sebab, bobotnya lebih berat.

bearing fidget spinner

Tren
Semenjak akhir tahun 2016, tren Fidget Spinner mulai merambah Amerika dan akhirnya sampai juga di Inggris. Fisget Spinner yang awalnya banyak dibawa anak berkebutuhan khusus dianggap keren dan akhirnya banyak dimainkan anak-anak kebanyakan. Sayang mereka kurang bijak, mainan yang ringkas ini sering dimainkan sampai di dalam kelas!

Dilarang
Tentu saja kebiasaan para murid memainkan Fidget Spinner di dalam kelas membuat sekolah gusar. Di Amerika, sudah 63 Sekolah Menengah Atas sudah melarang Fidget Spinner karena kebiasaan murid-murid yang tak bijak memainkannya. Di Inggris, kabarnya sebuah sekolah sudah mulai menerapkan penyitaan. Sementara di Malaysia, menteri pendidikannya masih mempelajari soal Fidget Spinner di sekolah.

Nah, makanya daripada nanti Fidget Spinner dilarang di sekolah, lebih baik kita yang pintar menjaga diri dengan hanya memainkan mainan ini ketika waktu istirahat saja.

Buat yang lagi asik-asiknya main Fidget Spinner, kayaknya harus menyimak Tips Fidget Spinner: Posisi Pemberat Berantakan Bikin Putaran Enggak Karuan.

.