Fakta-fakta Bearing Fidget Spinner Hybrid: Ternyata Ada Yang Bolanya Hitam, Loh!

| Oleh: Willy | 25 May 2017 - 4:57 PM
1315
0
fidget spinner dengan bearing hybrid

Sekarang penyuka Fidget Spinner lebih memilih Fidget Spinner yang menggunakan bearing hybrid. Itu semua lantaran bearing hybrid dapat membuat Fidget Spinner mampu berputar lebih lama ketimbang yang menggunakan bearing full logam seperti yang pernah dibahas di artikel Jenis-jenis Bearing Fidget Spinner: Jenis Material Mempengaruhi Kemampuan. Nah, kita simak dulu yuk, fakta-faktanya!

Bola Keramik
Bearing hybrid adalah istilah yang digunakan untuk bearing yang bola-bolanya menggunakan bahan keramik. Sementara bagian ring luar dan dalamnya masih menggunakan bahan logam.

Spin Time Fidget Spinner Lebih Lama
Penggunaan bearing hybrid pada Fidget Spinner disukai dipercaya mampu membuat perputaran lebih lancar yang ujung-ujungnya menghasilkan spin time Fidget Spinner yang lebih lama ketimbang mememakai bearing logam, namun harganya tidak terlalu mahal. Kini di toko-toko online banyak ditawarkan Fidget Spinner dengan bearing hybrid dengan harga puluhan ribu saja.

bearing hybrid terurai

Jangan Dilumasi
Bearing hybrid tidak atau hanya sedikit sekali memerlukan pelumasan. Memberi minyak pelumas pada bearing hybrid justru membuat putaran Fidget Spiner jadi lebih lambat.

Perawatan
Sebenarnya bearing hybrid untuk Fidget Spinner tak memerlukan perawatan khusus. Hanya saja harus diusahakan tetap kering agar ringnya yang terbuat dari logam tak berkarat dan tetap bersih agar bola-bola bearingnya tetap lancar berputar.

Bearing Hybrid Putih
Bearing hybrid untuk Fidget Spinner yang umum ditemui di toko-toko online biasanya berciri khas bola-bola bearingnya berwarna putih. Ini dikarenakan material bola bearingnya menggunakan Zirconium Dioxide (ZrO2).

bearing hybrid putih dan bearing hybrid hitam

Bearing Hybrid Hitam
Sebenarnya ada juga bearing hybrid untuk Fidget Spinner yang bola-bola bearingnya tidak berwarna putih, namun justru hitam. Bearing hybrid untuk Fidget Spinner yang bola-bola bearingnya berwarna hitam ini menggunakan material Silicon Nitride (Si3N4) yang konon lebih ampuh membuat Fidget Spinner berputar lebih lama.

Break-In
Jangan keburu merengut jika Fidget Spinner dengan bearing hybrid yang kamu beli putarannya terasa tak beda jauh dengan Fidget Spinner kamu yang menggunakan bearing steel alias logam. Bearing hybrid memang punya karakter perlu waktu untuk break-in. Nantinya semakin sering Fidget Spinner kamu diputar, waktu putaran atau spin time-nya akan makin lama.

Simak juga: Tips Fidget Spinner: Yuk, Maksimalkan Putaran Fidget Spinner Berbearing Logam.