Evolusi Kostum Superman di Layar Film dan Tivi: Dulu Jubahnya Pendek Banget!

| Oleh: Rio | 28 Mar 2016 - 2:07 PM
1073
0
kostum di film superman 1948 dan 1951

Buat penggemar Superman, mungkin menyadari bahwa kostum Son of Krypton sudah banyak berubah. Namun ternyata perubahan itu memakan waktu yang cukup lama seperti sebuah evolusi. Nah, seperti apa perubahan kostum Superman di layar film dan tivi sejak tahun 1948 sampai sekarang? 

1948
Kirk Alyn adalah aktor pertama yang memerankan Superman dalam film di tahun 1948 atau sekitar 10 tahun sejak kemunculan awal Superman di komik. Waktu itu kostum Superman pada dasarnya adalah sebuah baju dalam panjang yang ketat dengan tambahan sayap jubah. Kalau kita perhatikan, sayap jubah ini sangat pendek jika dibandingkan dengan kostum Superman yang biasa kita lihat.

1951
Dalam film Superman and the Mole Men, Superman yang diperankan oleh George Reeves (enggak ada hubungannya dengan Christopher Reeves) terlihat menggunakan kostum yang sedikit berbeda. Walaupun pada dasarnya sama saja, namun ada perbedaan di sayap jubahnya yang lebih panjang dan kepala gespernya yang lebih matching.

kostum superman christopher reeves, superboy dan lous and clark

1978
Kalau kedua film Superman sebelumnya merupakan film hitam putih, film Superman yang diperankan oleh Christoper Reeves ini merupakan gebrakan karena menjadi film Superman berwarna pertama Superman di era modern. Di film ini pula penggemar Superman bisa menyaksikan bahwa warna kostumnya sangat cocok dengan gambaran di komik. Di film ini pula terlihat bahwa kostum Superman ini terbuat dari bahan yang tipis.

1988
Serial Superboy yang berkisah tentang masa remaja Superman muncul di layar tivi tahun 1988-1992. Di serial ini pula, kostum Superboy nampak lebih keren dibandingkan dengan versi layar lebar yang diperankan oleh Christopher Reeves.

1993
Serial Lois & Clark: The New Adventures of Superman yang tayang pada era 1993-1997 menandai era kostum Superman yang semakin gelap dan terihat bahan yang digunakan semakin tebal. Jika kita perhatikan pula, logo S di dada Superman jadi lebih besar. 

kostum supeman returns, man of steel dan batman v superman

2006
Walaupun film Superman yang diperankan Brandon Routh ini dianggap kurang memuaskan, namun yang bisa kita lihat kostumnya meneruskan tren warna biru yang semakin gelap. Malahan warna merah pada logo S, sepatu dan celana dalam Superman yang dipakai diluar semakin gelap dan cenderung merah marun.

2013
Bisa dibilang di film Man of Steel kostum Superman mengalami perubahan paling besar. Selain warna birunya yang lebih keren, kostumnya lebih tebal dan bertekstur jaring-jaring keren. Juga menghilangkan celana dalam merah khas Superman yang sebelumnya selalu hadir. Di pinggangnya juga ada semacam armor pelindung menggantikan ikat pinggang biasa. Walaupun masih terlihat buckle dan gesper mungil.

2017
Nyaris tak ada perbedaan antara kostum yang dipakai Henry Cavill di Man of Steel dan Batman v Superman. Namun sebenarnya ada sedikit perubahan. Misalnya pada logo S di dada Superman yang kini berisi warna emas, juga pada buckle-nya mendapat sentuhan warna yang sama. 

.