Event Wonder Festival 2017 Pamerkan Patung Evangelion Seharga Belasan Juta Rupiah

| Oleh: Yudi | 23 Feb 2017 - 8:03 AM
150
0
statue evangelion seharga belasan juta miliki beberapa fitur dan senjata

Jepang terkenal dengan berbagai benda koleksinya, seperti plastic model, action figure, figma, hingga statue. Ukuran mereka pun sangat beragam, mulai dari yang miniatur sampai yang berukuran 1:1 seperti aslinya. Biasanya, benda koleksi ini diambil dari karakter-karakter popular sebuah manga, anime, atau game. Walaupun statusnya hanya sebuah benda koleksi, namun jangan anggap remeh.

Tak jarang benda-benda koleksi ini memiliki harga selangit. Ada banyak faktor yang membuat mereka menjadi sangat mahal; salah satunya tentu saja material utama pembuatnya dan jumlah yang diproduksi. Contohnya seperti statue terbaru yang dirilis oleh Prime 1 Studio dalam event Wonder Festival 2017 edisi musim dingin ini.

statue evangelion berukuran setengah badan yang dilengkapi LED

Statue terbaru berjudul Evangelion Test Type-01 NONscale Statue ini menampilkan wujud Eva Unit-01 dari anime popular Evangelion. Yang membuat statue setinggi 76.8 sentimeter ini memiliki harga mencapai 135 ribu Yen (sekitar Rp 16 juta) bukanlah material pembuatnya. Alih-alih terbuat dari emas atau semacamnya, statue ini dibuat dari bahan dasar polystone (campuran resin dan serbuk batu/porselen).

Besar kemungkinan yang membuatnya menjadi mahal adalah ukurannya yang cukup besar plus beberapa fitur bawaan dari statue ini. Menurut penjelasan dalam pamflet yang dibagikan saat event, statue ini dilengkapi oleh berbagai senjata dan lengan yang bisa diganti. Harga ratusan ribu Yen tersebut juga kemungkinan masih belum yang termahal, karena Prime 1 Studio juga menyediakan statue ini dalam versi ekslusif.

Evangelion Test Type-01 NONscale tak sendirian dalam event ini. Prime 1 Studio turut memamerkan statue dari Eva Unit-00 NONscale dan Eva Unit-02 NONscale. Keduanya masih berstatus prototype, sehingga belum ada pengumuman lanjut mengenai harganya. Ada juga Evangelion Test Type-01 Premium Bust setinggi 35 sentimeter yang dilengkapi LED. Statue setengah badan ini dijual seharga 37.037 Yen (sekitar Rp 4,3 juta).

dua prototype statue evangelion keluaran prime 1 studio

Dibandingkan dengan benda-benda koleksi termahal yang pernah muncul sebelumnya, statue Evangelion ini memang masih jauh di bawah mereka. Namun lain cerita jika bicara soal popularitas. Evangelion Unit-01 telah memiliki patung life-sized (skala 1:1) yang berdiri kokoh di Shanghai, Cina. Patung ini bahkan telah meraih rekor dunia sebagai patung Evangelion terbesar di dunia.

Kehadiran patung life-sized Evangelion tersebut menemani Gundam RX-78-2 di Diver City Odaiba, Patlabor, dan Godzilla yang semuanya sama-sama memiliki ukuran life-sized. Sayangnya, Gundam RX-78-2 tersebut akan segera dibongkar pada tanggal 5 Maret mendatang untuk diganti dengan project 40 tahun Gundam lainnya.

Simak juga Review Mainan Takara Tomy Metacolle Evangelion: Test Type-01 dan Proto Type-00 Versi Mungil.

.