Dua Universitas di Tiongkok Membuka Kelas Dengan Pengantar Detective Conan

| Oleh: Yudi | 09 May 2017 - 8:00 PM
104
0
anime detective conan diangkat dalam materi perkuliahan

Fenomena J-pop culture dalam dunia akademis bukan lagi hal asing. Mulai dari kemunculan Hatsune Miku–virtual idol, dalam buku pelajaran di Jepang, hingga sekolah-sekolah khusus otaku yang dibuka di kawasan Akihabara. Pecinta anime bahkan bisa masuk ke kelas khusus di salah satu universitas Jepang.

Bicara soal universitas, belakangan ini memang semakin banyak universitas yang membuka kelas khusus dengan materi perkuliahan seputar anime. Entah membahas soal anime-nya sendiri, atau membahas kasus lain dengan pengantar anime.

belajar soal logika dan kimia dari anime detective conan

Contohnya seperti kedua universitas di Tiongkok berikut. Meskipun sama sekali tak berhubungan dengan literatur budaya, namun Huazhong University of Science and Technology dan Changsa Central South University membuka kelas dengan materi anime. Detective Conan menjadi anime yang dipilih menjadi pengantar di dua universitas tersebut.

Detective Conan memang memiliki popularitas tinggi di Tiongkok, namun bukan hanya itu alasannya. Huazhong University membuka kelas bernama "Detective Conan and Logical Reasoning" - yang mengharuskan pesertanya mempelajari bagaimana para karakter di anime tersebut menggunakan logika mereka demi sebuah keuntungan.

Sedangkan Changsa Central South University membuka kelas bernama "Detective Conan and Chemistry". Sesuai judulnya, kelas ini akan mempelajari kasus dalam Detective Conan dan hubungannya dengan Prinsip Kimia. Diharapkan, dengan menggunakan pengatar anime, peserta bisa lebih tertarik dan mudah untuk mengikuti perkuliahan.

materi perkuliahan di tiongkok yang berdasarkan anime dan fiksi

Di Tiongkok sendiri, sebetulnya tak hanya dua universitas ini yang membuka kelas dengan landasan materi bersifat fiksi. Ada universitas yang berfokus pada bahasan tentang hubungan antara Harry Potter dan genetika. Atau universitas lain yang mempelajari soal teknik bertahan hidup di hutan ala Tarzan.

Simak juga Anime Special Detective Conan Akan Tayang di Indonesia.

.