Dragon Ball Super: Sebutan Form Paling Sakti Dragon Ball Enggak Belibet Lagi!

| Oleh: Rio | 25 Oct 2015 - 7:00 AM
301
0
dragon ball super

Penggemar Dragon Ball kayaknya sudah tau. Makin sakti sebuah form Saiyan, maka akan makin panjang namanya. Nah, bagaimana jadinya di manga Dragon Ball Super yang memang menampikan form Saiyan paling sakti? Hasilnya namanya memang panjang banget yaitu Super Saiyan God Super Saiyan. Walaupun sudah disingkat jadi SSGSS, kok rasanya tetap bikin belibet yah?

Padahal penggemar Dragon Ball sudah tau kalau Super Saiyan God Super Saiyan didapat ketika seorang Saiyan mendapat kekuatan Super Saiyan God lantas kemudian menjadi seorang Super Saiyan. Hasilnya ya jadi Super Saiyan God Super Saiyan!

Wah, biar diapa-apain tetap ribet dan susah disebut, yah? Sesungguhnya form tersebut menampakkan bentuknya dengan ciri rambut Goku (dan Vegeta) berubah menjadi biru. Hal itulah yang nampak dalam film Dragon Ball Z: Resurrection F dimana ketika form tersebut muncul timbul kegemparan sesaat.

form super saiyan god super saiyan goku dan vegeta

Mungkin dalam film layar lebar, sebutan sepanjang apapun masih dimaklumi. Namun untuk sebuah manga, rasanya lama-lama pembaca juga bakalan capek membaca form yang terlalu panjang. Mungkin juga mangaka-nya yang justru capek dan bosan sendiri menulisnya, ehehe!

Maklum mau ditulis di balon teks manga, rasanya juga makan tempat banget. Kalau ditulis dalam huruf Jepang, jadi begini tulisannya: スーパー サイヤ人 ゴッド スーパー サイヤ人. Nah, apa enggak kurang panjang, coba?

Makanya belakangan dalam manga Dragon Ball Super, penyebutan form tersebut akhirnya dibuat lebih singkat. Mau tau jadi gimana? Jadinya Super Saiyan Blue. Nah, jauh lebih enak dibaca dan disebut, kan?

whis di manga dragon ball super

Uniknya penyingkatan nama form tersebut dimasukkan dalam dialog antara Goku dan Vegeta. Sebenarnya sih, atas usulan Whis. Kira-kira kalau diterjemahkan begini jadinya:

Vegeta: “Hahaha! Itulah yang kuharapkan! Jelas sekali kita berdua adalah Super Saiyan God Super Saiyan, lalu sebagai seorang elite, Aku sudah jelas lebih!!”

Goku: “Enak saja, Super Saiyan God Super...aku...Ow!!! Lidahku sampai tergigit!!!”

Vegeta: “...”

Goku: “Hey Vegeta, memangnya enggak bisa kita singkat saja nama yang kepanjangan itu?”

Whis ikut menyela.

Whis: “Bagaimana kalau...Super Saiyan Blue?”

Vegeta: “...”

Goku: “Blue...”