Dinosaur 4D Karya Anak Bangsa Hidupkan Kembali Sang Reptil Raksasa

| Oleh: Kylo | 15 Feb 2016 - 3:00 PM
439
0
kartu dino 4d+

Hewan prasejarah dinosaurus ternyata hidup kembali, dalam bentuk Augmented Reality (AR) dari set kartu “Dinosaur 4D+” karya asli buatan anak bangsa dari Octagon Studio. Dengan mendownload aplikasi Dinosaur 4D+ di App Store atau di Google Play lalu dikombinasikan dengan flashcard “Dinosaur 4D+” kita bisa melihat kembali sosok berbagai jenis dinosaurus lebih dekat. Melalui teknologi AR ini kita juga mengetahui ukuran sebenarnya dari beberapa jenis dinosaurus yang pernah hidup di masa lampau itu dibandingkan dengan ukuran tubuh manusia di masa kini.

Dalam satu dek Dinosaur 4D+ ada 20 jenis kartu dinosaurus yang tersedia. Baik dinosaurus karnivora hingga herbivora, dari yang tinggal di daratan, udara maupun lautan. Dari yang ukurannya hampir sama besar dengan manusia hingga yang tingginya mencapai ratusan meter.

augmented reality dino 4d+

Di tiap-tiap kartu yang ada terdapat gambar dinosaurus tertentu lengkap dengan data-datanya baik berupa ukuran panjang, berat, subclass dan jenis makanannya (karnivora atau herbivora). Ada kartu Apatosaurus, Parasaurolophus, Triceratops, Tyranosaurus Rex, Pentaceratops, Dilophosaurus, Plesiousaurus, Pteranodon, Compsognathus, Ankylosaurus, Kronosaurus, Giganosaurus, Branchiosaurus, Dimorphodon, Iguanodon, Spinosaurus, Gallimimus, Pachycephalosaurus, Rhamphorhyncus dan Styracosaurus.

Dengan mengaktifkan aplikasi Dinosaur 4D+ setiap kartu yang tersorot oleh layar kamera smartphone atau tablet PC akan menampilkan proyeksi AR dari dinosaurus yang terdapat di kartunya. Sosok dinosaurus tersebut bisa kita lihat dari jarak jauh ataupun dekat dan dari berbagai sudut pandang.

Dinosaurus yang “hidup” dari kartu ini juga dilengkapi dengan tombol digital “Actions” yang jika disentuh maka dinosaurus tersebut akan mulai bergerak dan melakukan sebuah pose sambil mengeluarkan suara khasnya. Misalnya pada kartu Tyrannosaurus Rex yang jika kita sentuh tombol actionnya maka dinosaurus ganas ini akan berjalan beberapa langkah kemudian meraung keras seperti di film-film Jurassic Park.

salah satu dinosaurus 4d+

Selain menampilkan dinosaurus-dinosaurus yang ada dalam bentuk AR, tiap-tiap kartu juga dilengkapi berbagai fact dan beberapa diantaranya ada option “Skeleton” yang jika disentuh maka dinosaurus yang sedang kita pindai kartunya akan berubah tampilannya menjadi bentuk kerangka.

Di versi aplikasinya sendiri ada option ‘3D Library” dimana kita bisa melihat langsung kedua puluh jenis dinosaurus yang ada tanpa menggunakan kartu dan  pilihan “Actions”nya juga ada. Cuma feel-nya memang berbeda ketika melihat tampilan reptilia yang telah punah ini dalam visual layar smartphone atau tablet. Gregetnya terasa kurang jika dibandingkan yang versi AR!

Kartu dengan teknologi AR ini memang bukanlah sesuatu yang baru. Tapi pilihan Octagon Studio mengkombinasikannya dengan elemen dinosaurus memang pilihan yang tepat. Mengingat anak-anak selalu tertarik dengan dinosarus. Makanya selain menjadi hiburan yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga juga dapat berfungsi sebagai bahan edukasi. Satu set kartunya sendiri juga tidak terlalu mahal, harganya sekitar Rp 50 ribuan saja. Ilustrasinya bagus dan terdapat berbagai fakta dan data-data dinosaurus.

.