DINO-A-PARK: Taman Jurassic Dengan Dinosaurus Yang Bisa "Melahap" Manusia

| Oleh: Yudi | 16 Nov 2016 - 6:45 PM
158
0
melihat dinosurus sungguhan di dino a park jepang

Masih ingat dengan film Jurassic Park? Film sci-fi adventure karya Steven Spielberg berhasil membawa banyak orang kembali ke periode Jura (Jurassic), periode di mana para dinosaurus masih hidup. Film yang muncul pertama kali tahun 1993 ini masih terus berlanjut hingga 2015 kemarin dengan judul Jurassic World.

Ada satu hal yang tetap sama dalam film Jurassic Park/Jurassic World, yaitu tentu saja kehadiran taman Jurassic yang dipenuhi berbagai spesies dinosaurus. Banyak anggapan bahwa taman tersebut hanya ada dalam film. Namun bagaimana jika ternyata ada taman Jurassic sungguhan?

jepang akan bangun taman jurassic sungguhan

Meskipun terdengar cukup konyol, nyatanya sebuah perusahaan asal Jepang, ON-ART Corp., berusaha mewujudkan taman dinosaurus yang nyata. Mereka bahkan telah melakukan beberapa demo dan presentasi terkait kepentingan pengajuan proposal untuk membangun taman hiburan yang disebut DINO-A-PARK tersebut.

Serunya, nantinya pengunjung akan bisa merasakan pengalaman melihat–atau bahkan berinteraksi langsung dengan para dinosaurus di dalam taman tersebut. Tak perlu khawatir para dinosaurus ini akan memangsa manusia seperti di film Jurassic Park/Jurassic World, karena taman ini menggunakan kostum dinosaurus yang dilengkapi komponen robotik.

Kostum robotik ini dikenakan dan dioperasikan oleh seseorang. Meskipun hanya kostum, namun wujud dinosaurus-nya sangat nyata dan menyeramkan. Sebut saja beberapa dinosaurus terkenal, seperti Allosaurus dan Tyrannosaurus Rex (R-Rex), yang turut tampil dalam presentasi di Tokyo tanggal 10 November 2016 lalu. Mereka memiliki tinggi mencapai 7,9 meter.

kostum robotik dinosaurus yang sangat nyata dan realistik

Dalam demo dan presentasi tersebut, terlihat kostum robotik T-Rex ini melakukan beberapa gerakan layaknya dinosaurus biasa. Mereka juga mengeluarkan suara-suara seperti menggeram atau meraung. Keadaan menjadi heboh ketika T-Rex memakan hidup-hidup seorang petugas. Tentunya ini hanya rekayasa dan acting. Semua tetap aman dan tak ada yang cedera.

Selain Allosaurus dan T-Rex, mereka juga menampilkan berbagai kostum robotik Raptor dan dinosaurus lainnya. Kazuya Kanemaru selaku CEO ON-ART Corp. mengatakan bahwa taman ini memang terinspirasi dari film Jurassic Park. “Kami ini mengajak fans dinosaurus merasakan pengalaman berbeda dan nyata di DINO-A-PARK,” jelas Kanemaru saat ditanya alasannya membangun DINO-A-PARK.