Digimon Adventure tri Part 1: Kisah Reuni Para Penguasa Digimon

| Oleh: Yudi | 25 Nov 2015 - 6:35 AM
1788
0
digimon adventure tri part 1

Waktu yang dinanti-nanti akhirnya tiba. Tanggal 21 November 2015 lalu kemarin anime Digimon Adventure tri bagian pertama sudah dirilis. Ini adalah kelanjutan dari petualangan Taichi dan kawan-kawan bersama para Digimon. Ternyata banyak perubahan yang terjadi setelah kemunculan terakhir mereka 15 tahun lalu. Penasaran?

Bagian pertama yang berjudul Sakai (Reunion) ini terdiri dari empat episode. Masing-masing episode berdurasi sekitar 20 menit. Episode pertama menampilkan wajah-wajah baru Taichi dan kawan-kawannya yang sudah duduk di bangku SMA. Taichi, Yamato dan Sora adalah teman sekelas. Mereka bertiga bersama Koshiro, Takeru, Hikari dan Jo berada di SMA yang sama. Hanya Mimi yang terpisah karena berada di Amerika Serikat.

Meskipun ada di sekolah yang sama, namun mereka hampir tak pernah lagi berkumpul karena kesibukan masing-masing. Seperti Taichi yang masuk tim sepakbola, Yamato yang memiliki band, atau Jo yang sibuk belajar untuk persiapan ujian masuk universitas. Sangat berbeda ketika melihat Digimon Adventure, di mana mereka selalu bersama-sama.

digimon adventure tri part 1

Lalu muncul kejadian aneh kembali terulang akibat gerbang digital yang mulai terbuka. Kejadian ini menimbulkan kekacauan di Tokyo. Uniknya, ada kemiripan episode pertama Digimon Adventure tri dengan episode pertama Digimon Adventure, yaitu kemunculan Kuwagamon sebagai musuh pertamanya.

Bersambung ke episode kedua, di mana Agumon beserta Digimon lainnya tiba-tiba muncul. Pertarungan pun tak bisa dielakkan. Enam Digimon yang terdiri dari Greymon, Garurumon, Birdramon, Kabuterimon, Angemon, dan Tailmon melawan Kuwagamon di area Bandara Haneda. Namun meskipun menang jumlah, nyatanya Kuwagamon sudah menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Dalam episode ini muncul dua tokoh misterius dari organisasi pemerintahan, yang salah satunya adalah guru dari Taichi, Yamato, dan Sora. Untungnya mereka berada di pihak Taichi dan ikut membantu mereka. Mimi juga muncul menjelang akhir episode ini.

digimon adventure tri part 1

Beranjak ke umur 17 tahun, rupanya tak mengurangi rivalitas antara Taichi dan Yamato. Mereka masih sering bertengkar dan berselisih pendapat antara satu sama lain, seperti yang diceritakan dalam episode ketiga. Koshiro yang berhasil menciptakan ruangan virtual untuk para Digimon pun menjadi pelengkap dalam episode ini.

Jika kalian ingat di Digimon Adventure Taichi memakai semacam kacamata di kepalanya, hal ini terulang lagi dalam episode empat Digimon Adventure tri. Koshiro menciptakan alat berbentuk kacamata yang mampu melihat distorsi data untuk mendeteksi kemunculan gerbang digital. Kemunculan Digimon baru bernama Alphamon, serta anggota baru bernama Meiko dan Digimon-nya yang bernama Meicoomon mengakhiri episode terakhir dari anime Digimon Adventure tri part pertama ini. Tentunya petualangan mereka belum berhenti di sini. Digimon Adventure tri akan kembali dengan part keduanya yang berjudul Ketsui (Determination) tanggal 12 Maret 2016 nanti.

Meskipun mungkin para fans lama belum terbiasa dengan ilustrasi baru di Digimon Adventure tri, namun rasanya hal itu hampir tak berpengaruh. Karena mulai dari opening song berjudul Butter-Fly, ending song berjudul I Wish, efek suara ketika para Digimon berevolusi dan theme song lainnya betul-betul menciptakan perasaan nostalgia akan anime lawasnya. Hanya satu yang kurang, ketika Digimon mengeluarkan jurus, mereka tak lagi mengucapkan nama jurusnya. Sisanya? Dijamin keren!

Buat yang mau nonton part 1 Digimon Adventure tri, jangan kecil hati karena anime ini baru tayang di Jepang. Coba klik link ini untuk subtitle bahasa Inggris. Bahkan sudah ada yang ber-subtitle bahasa Indonesia di link ini. Siapin aja kuota internet yang cukup, ya!

.