Die-Cast Balap Unik Komunitas Tomoci

| Oleh: George | 03 Apr 2015 - 1:34 AM
284
0
Bodi full krom

Silakan cari di toko die-cast manapun, pasti tak akan menemukan die-cast yang tampilannya ekstrim seperti kreasi para anggota Tomoci ini. Ada yang bodinya ekstra panjang, ada yang rodanya ekstra besar tapi kurus, ada yang beroda besi, ada yang mengkilap seperti kaca , sampai ada yang mirip Tamiya. Asiknya bukan cuma tampilannya yang unik, larinya di trek juga luar biasa. Padahal awalnya cuma berniat recyle die-cast rusak!

Trek ekstra panjang bahan aluminium

Niat Recycle
Komunitas penggemar die-cast Tomoci (Toys and Model Collector Indonesia) dikenal sangat suka mengadakan balapan Hot Wheels dan die-cast lainnya. Malah mereka punya “trek kebangsaan” yang khusus dibuat dari bahan alumunium yang panjangnya sampai 60 meter lebih. Bahkan sampai pernah mencapai 1 kilometer.

Gara-gara main balap die-cast sampai gila-gilaan, akhirnya banyak die-cast yang rusak. Biasanya bodi baret-baret, sampai as roda bengkok yang akhirnya dianggap tidak maksimal lagi digunakan untuk balapan.

“Daripada jadi sampah, kita ada ide untuk me-recyle die-cast tidak layak balap tersebut dengan jalan dimodifikasi. Jadi kita tidak sengaja merusak die-cast yang masih baik untuk diobrak-abrik. Tapi menjadikan die-cast tidak layak balap agar bisa dipakai untuk main lagi,” tukas Pak Kemas sang ketua Tomoci.

Roda sudah diganti bearing

Tampilan Unik
Nah, karena berawal dari die-cast tidak layak pakai lagi, makanya angggota komunitas Tomoci tidak sayang-sayang untuk memotong bodi, menyambung bodi, merombak sasis (bagian bawah die-cast), menambah bobot kendaraan sampai menganti roda. Toh bahan bakunya dari barang rusak, kan?

Hasilnya tampilannya sangat ajaib mulai dari bodi sampai roda. Mulai dari bodi ekstra panjang, sampai yang full mengkilap kayak kaca karena dilapis krom. Ada juga yang tampilannya mirip Tamiya Mini 4WD. Soal roda juga tak kalah unik. yang sepintas pakai roda standar tapi tipis seperti koin, ada yang beroda ekstra besar tapi kurus, bahkan ada yang beroda besi karena menggunakan bearing.

Bodi dipanjangkan lagi

Ekstra Kencang

Asiknya lagi, bukan cuma tampilannya yang unik. Soalnya pada dasarnya modifikasi yang dilakukan oleh anggota Tomoci ini dibuat untuk balap. Makanya larinya di trek juga luar biasa kencang. Malah saking kencangnya sampai-sampai untuk menghentikan die-cast ekstrim ini ketika sedang melaju, dilarang menggunakan tangan tanpa pelindung. Sebab bisa menyebabkan tangan terluka.

.