Desainer Gamer Driver Bongkar Rahasia Beltnya Kamen Rider Ex-Aid

| Oleh: Kylo | 21 Oct 2016 - 7:00 AM
541
0
bett kamen rider ex-aid

Dari tahun ke tahun di era Showa, belt yang terdapat di franchise Kamen Rider semakin unik dengan berbagai variasi gimmicknya. Yang terbaru adalah beltnya Kamen Rider Ex-Aid atau yang biasa disebut sebagai Gamer Driver.

Kamen Rider Ex-Aid adalah serial Kamen Rider terbaru yang menjadi bagian dari perayaan hari jadi serial Kamen Rider yang ke-45. Tema utamanya adalah video game. Kazuo Funaki, desainer dari Gamer Driver mengungkap rahasia dari belt Kamen Rider yang bentuk dan gimmicknya cukup unik itu kepada majalah Digimino Station.

kazuo funaki bandai gamer driver

Melalui wawancara dengan Digimono Station terungkap bahwa Gamer Driver terinspirasi dari konsol game jadul dan Rider Gashat-nya adalah cartridge gamenya. Mungkin bagi anak-anak generasi sekarang kurang mengenal catridge game karena sebagian besar konsol game saat ini telah menggunakan media DVD atau Blu-ray. Tapi pada masa NES, SNES dan Sega Genesis, cartridge merupakan media yang digunakan untuk menyimpan data dari video game yang ingin dimainkan.

Funaki menyebutkan bahwa pemilihan gaya konsol jadul khususnya catridge dikarenakan anak-anak masa kini tidak mengenal era Famicom (NES untuk wilayah di luar Jepang). Mereka tidak mengetahui bagaimana rasanya memasukkan catrdge ke konsol. Sedangkan untuk generasi yang sudah berumur, Gamer Driver dan Rider Gashat bisa menjadi sebuah nostalgia. Pemilihan warna yang sangat ceria di Gamer Driver, ini merupakan kali pertama dari sejarah franchise Kamen Rider menggunakan kombinasi warna seperti itu. Pemilihan warna yang enggak biasa ini dikarenakan dari image dari seorang karakter game direpresentasikan dengan warna-warna yang colorful.

gamer driver rider gashat bandai

Karena mengambil tema video game, serial Kamen Rider Ex-Aid juga memiliki form-form baru dan power-up yang berhubungan dengan video game. Misalnya ketika sedang bermain game, karakter yang dimainkan akan terus naik level. Nah, di Kamen Rider Ex-Aid hal itu diwakili dengan form-formnya.

Misalnya form Level 1 yang bergaya SD yang dilengkapi dengan elemen pupil di bagian matanya dan juga adanya rambut merupakan sesuatu yang penting untuk meng-capture sebuah karakter game. Enggak hanya Ex-Aid yang terlihat “lucu” namun monster-monsternya juga sama. Walau desainnya terlihat agak “aneh” dibanding para pendahulunya, Funaki menyebutkan bahwa identitas Ex-Aid sebagai Kamen Rider tidaklah hilang.

Rider Gashat mewakili beberapa genre video game yang berbeda. “Mighty Action X”nya Ex-Aid mewakili game bergenre action. Selain mainan DX Gamer Driver yang telah rilis, ada juga beberapa merchandise Kamen Rider Ex-Aid lainnya yang akan segera hadir yaitu DX Shakariki Sports Gashat, DX Taddle Quest Gashat yang mewakili genre RPG dan DX Bang Bang Shooting Gashat yang mewakili game bergenre shooter.