Dengan Awamoko 3D Pen Busa Sabun Bisa Jadi Kreasi 3D!

| Oleh: Yudi | 17 Jun 2016 - 8:00 PM
180
0
hasil kreasi awamoko 3d pen

Lagi-lagi Jepang menciptakan sesuatu yang terbilang inovatif. Mungkin kalian sudah pernah membaca artikel Kupaman tentang 3D Doodle Start, sebuah pena ajaib yang mampu menggambar benda secara 3D. Atau artikel terkait tentang ThingMaker Printer, sebuah mesin printer untuk mencetak benda 3D. Benda ciptaan Jepang ini masih ada hubungannya dengan teknologi 3D tersebut.

Namun bukan Jepang namanya jika ciptaannya tak mengandung perbedaan yang unik. Alat ini tak menggunakan bahan plastik untuk membuat benda 3D, melainkan dari busa sabun (foam). Pasti kita agak bingung bagaimana busa yang lembut itu bisa jadi sebuah benda, namun di situlah letak keunikannya.

tutorial membuat kreasi dari awamoko 3d pen

Alat berbentuk pena ini bernama Awamoko 3D Pen. Pena tak biasa ini diciptakan oleh perusahaan asal Jepang bernama Shine yang memang terkenal dengan line up produk-produk inovatifnya. Seperti yang telah disebutkan di atas, pena ini memadukan serunya bermain busa sabun sambil membuat kreasi artisitik dari busa sabun tersebut. Pena ini memang ditargetkan untuk anak-anak, karena biasanya mereka sangat suka bermain busa sabun ketika mandi.

Cara menggunakannya juga tak sulit. Karena berbahan busa sabun, pena ini harus diisi dengan sabun cair (misalnya sabun cuci tangan atau mandi) sebelum digunakan. Begitu dinyalakan, pena ini akan memproduksi busa lembut berwarna putih. Hebatnya lagi, kita bisa memilih jenis busa yang akan dikeluarkan dari penanya, apakah busa lembut atau kasar. Pemilihan ini fungsinya untuk membuat detail berbeda di kreasi 3D kita.

Pena ini turut dilengkapi oleh aksesoris yang dijual terpisah, seperti alas dari spons, hiasan kertas, hingga Awamoko 3D Sheets. Untuk aksesoris terakhir ini sangat membantu bagi pemula. Dengan Awamoko 3D Sheets, kita bisa dengan mudah membuat sebuah kreasi. Cukup arahkan busa yang keluar dari pena sesuai pola 3D Sheets, dan jadilah kreasi yang lucu dan menarik. Ada bermacam-macam 3D Sheets, mulai dari hewan lucu seperti kelinci atau kucing, gajah, singa, lumba-lumba, bahkan hewan prasejarah seperti dinosaurus.

awamoko 3d sheets

Diam-diam, Awamoko 3D Pen dan produk perusahaan Shine lainnya sangat populer. Mereka bahkan memiliki rak pameran sendiri di Museum Of Modern Art (MoMA) di New York. Shine bahkan telah membuat situs khusus Awamoko 3D Pen yang berisikan video mengenai produk dan tutorialnya. Pembeli juga bisa memamerkan hasil kreasi dengan cara memotret dan mengunggahnya ke akun Twitter Awamoko 3D Pen.

Pena seharga 2.480 Yen (sekitar Rp 317 ribu) ini baru akan diluncurkan tanggal 16 Juli 2016 mendatang di Jepang. Namun wujud pena ini sudah bisa dilihat dalam pameran Tokyo Toy Show 2016 yang diselenggarakan tanggal 9–12 Juni 2016 lalu. Perlu diingat, hasil kreasi Awamoko 3D Pen ini tak anti air, jadi jangan dimainkan dalam kamar mandi. Karena terbuat dari busa sabun, hasilnya hanya bisa bertahan selama 30 menit. Jadi jangan lupa untuk memotret atau buat videonya setelah kreasinya selesai, ya!

.