DC Comics Ungkap Fakta-fakta Unik Tentang Batman

| Oleh: Kylo | 15 Nov 2016 - 6:00 PM
531
0
alfred jadi superhero the eagle

Karakter superhero populer dari DC Comics ini telah berusia 75 tahun lebih. Karakter kreasi Bob Kane yang pertama kali debut di komik Detective Comics issue ke-27 itu ternyata menyimpan puluhan fakta -fakta menarik yang mungkin tidak diketahui oleh para fansnya. DC Comics melalui channel Youtube resminya, DC Entertainment, mengungkapkan 20 fakta-fakta tersebut. Tapi Kupaman meringkasnya menjadi hanya sepuluh buah fakta saja. Berikut sepuluh fakta-fakta menarik dari penampilan sang Caped Crusader yang telah muncul di lebih dari sepuluh ribu issue komik itu.

1. Untuk masuk ke Bat-Cave, Bruce Wayne perlu memutar jarum di Grandfather clock yang berada di ruangannya itu tepat menjadi pukul 10:47. Waktu itu adalah waktu yang teramat spesial bagi dirinya karena pada waktu itulah kedua orang tuanya, Thomas dan Martha Wayne, tewas terbunuh.

2. Alfred Pennyworth ternyata tidak selamanya menjadi seorang pelayan di keluarga Wayne. Ia pernah menjadi tokoh superhero bernama the Eagle di komik Batman volume pertama issue ke-127. Sebagai the Eagle, Alfred mempunyai kekuatan super yang membuat tubuhya kuat, mampu melompat setinggi ratusan kaki dan bisa mengangkat beban seberat satu ton. Kekuatan supernya itu di dapat dari kecelakan yang berlangsung di ruang trofi Batcave, dimana sebuah senjata super buatan “Doc” Cranium secara tidak sengaja aktif lalu menembakan sinar ke sebuah artifak kristal dari luar angkasa yang kemudian memantulkan sinarnya ke Alfred.

3. Pada tahun 50-an, Bruce Wayne pernah menjadi superhero bernama Starman di komik Detective Comics issue ke-247. Perubahan Batman menjadi Starman dikarenakan ia phobia terhadap kelelawar karena ulah ilmuwan bernama Professor Milo.

batman team up dengan joe chill

4. Walau terlihat sebagai sebuah ironi, Batman ternyata pernah team-up dengan penjahat yang menghabisi ayah dan ibunya yaitu Joe Chill. Ini semua terjadi di komik Detective Comics issue ke-578 yang terbit di tahun 1987. Ceritanya adalah mengenai Batman yang terpaksa bekerja sama dengan Joe Chill untuk menghentikan sosok yang dikenal sebagai the Reaper. Joe bahkan sempat menyelamatkan nyawa Batman ketika ia hampir jatuh dari sisi gedung.

5. Supervillain team-up perdana yang dihadapi oleh Batman adalah ketika the Joker berkerjasama dengan The Penguin. Keduanya team-up di komik Batman issue ke-25 terbitan 1944.

6. Walau menjadi seorang pembela kebenaran, Batman sering terlibat konflik dengan kepolisian Gotham, GCPD. Sang Dark Knight ternyata pernah menjadi bagian dari GCDP sebagai anggota kehormatannya. Batman diangkat menjadi anggota kehormatan oleh Komisaris Gordon di komik terbitan tahun 1941.

7. Batman ternyata pernah pensiun dini atas permintaan dari Mayor Gotham. Ia kemudian digantikan oleh kelompok superhero Metal Men yang ditunjuk langsung sebagai superhero baru yang akan menjadi pelindung dari Gotham City. Namun akhirnya seiring waktu, teruji sudah bahwa Batman adalah superhero yang dibutuhkan oleh Gotham City dibanding Metal Men.

bruce wayne berguru dengan zatara

8. Untuk menangani dan mengalahkan musuh-musuhnya baik yang manusia biasa atau yang berkekuatan super, Batman mengandalkan kecerdikan dan juga fisiknya yang prima. Selain kekuatan fisiknya yang setara dengan seorang atlet, Bat of Gotham juga menguasai 127 jenis ilmu bela diri, wow.

9. Kostum yang dikenakan oleh Batman, Batsuit, selain berguna untuk menyembunyikan identitasnya. Juga memiliki beberapa perlengkapan tersembunyi yang dibuat dengan menggunakan teknologi modern. Dari sepatu hingga bagian kepala dari Batsuit semuanya dapat digunakan sebagai alat yang digunakan Batman untuk memberantas kejahatan. Bahkan bagian “kuping” dari Batsuit dapat dilontarkan ke arah musuh seperti pisau lempar.

10. Dalam penempaan dirinya selama beberapa tahun sebelum menjadi Batman, Bruce Wayne banyak berguru dengan tokoh-tokoh terkenal. Salah satunya adalah ilusionis dunia bernama Zatara,  yang merupakan sahabat dekat dari Thomas Wayne, ayahnya Bruce. Zatara adalah ayah dari penyihir Zatanna. Ia mengajarkan Bruce ilmu untuk meloloskan diri dari segala jenis situasi.