Datang ke Tomica Square AEON BSD Disambut Kereta Api

| Oleh: Yudi | 22 Dec 2015 - 10:10 AM
351
0
plarail di tomica square aeon

Ada penampakan yang berbeda kalau kita mengunjungi Tomica Square yang terletak di AEON Mall BSD mulai bulan Desember ini. Soalnya ada puluhan kereta yang akan menyambut kita jika berkunjung ke sana. Tapi tenang saja, kereta yang dimaksud di sini bukan kereta sungguhan, melainkan Plarail (sebutan untuk mainan kereta dan rel dari plastik).

Ya, selama sebulan penuh di Mall bernuansa Jepang tersebut memang ada showcase seru berupa diorama Plarail yang dibangun oleh komunitas Plarail Indonesia. Ada beberapa diorama yang dipamerkan di Tomica Square ini, seperti diorama rangkaian rel dan kereta barang di pelabuhan juga bandara.

diorama plarail tomica square aeon mall

Namun yang paling mencuri perhatian adalah diorama berukuran 2x4 meter dan memiliki rel bertingkat setinggi sekitar dua meter. Berbagai jenis Plarail ada di sini, mulai dari kereta super cepat buatan Jepang berjuluk kereta peluru yaitu Shinkansen hingga kereta gantung dan monorail bisa kita saksikan sedang hilir-mudik di lintasan ini.

Konon dibutuhkan sekitar empat jam untuk menyelesaikan diorama berukuran cukup besar ini oleh para anggota komunitas Plarail Indonesia. Meskipun sudah terlihat cukup megah dengan panjangnya rel yang dibangun meninggi dan melingkar ke atas serta banyaknya miniatur kereta api alias plarail yang sibuk melintasi rel kian kemari, ternyata komunitas Plarail Indonesia belum mengeluarkan seluruh koleksi mereka untuk membuat diorama ini.

Dari banyaknya kereta Plarail yang dipamerkan di sini, beberapa di antaranya adalah kereta yang cukup langka. Sebut saja rangkaian JR East 205 Series dan Tokyo Metro 6000 Series yang tak lain dan tak bukan adalah kereta yang sekarang beroperasi sebagai commuter line di Jabodetabek.

plarail di tomica square aeon

Untuk kalian yang suka dengan kereta atau sekedar ingin melihat semegah apa diorama plarail ini, langsung saja datang ke Tomica Square AEON Mall BSD di lantai dua. Sangat menyenangkan untuk melihat berbagai jenis kereta plarail yang memang miniatur dari kereta api sesungguhnya berseliweran di diorama jalur rel berukuran besar.

Diorama ini dipamerkan sepanjang hari selama awal Desember 2015 hingga awal Januari tahun 2016. Tapi kalau kalian ingin melihat miniatur kereta yang langka, apalagi mau ngobrol-ngobrol dengan anggota komunitas Plarail Indonesia soal plarail dan menambah wawasan tentang kereta api, cobalah datang saat weekend.

.