Cosplay Terpopuler Selama Tahun 2016. Yang Mana Favoritmu?

| Oleh: Yudi | 05 Jan 2017 - 11:41 AM
290
0
10 cosplay terpopular 2016

Sebagai cosplayer, memperhatikan tren kostum menjadi penting untuk referensi dan perencanaan cosplay. Tahun telah berganti, dan Cospa kembali mengeluarkan daftar cosplay paling popular sepanjang tahun 2016. Sebagai info, Cospa (Cospatio) adalah toko cosplay terbesar di Jepang yang terletak di Akihabara. Berikut daftarnya dari urutan terendah.

cosplay popular 2016 code geass

Ashford Academy Female Uniform (Code Geass: Lelouch of the Rebellion)
Kostum model blazer berwarna krem ini dilengkapi dengan sabuk dan dasi hijau berlambang akademi Ashford. Dalam anime-nya, kostum ini hampir selalu dipakai oleh para murid perempuan, seperti Milly Ashford, Shirley Fenette, atau Nina Einstein.

cosplay popular 2016 danganronpa 2

Nagito Komaeda’s Coat (Danganronpa 2)
Dia adalah laki-laki yang menjadi salah satu karakter dalam anime Danganronpa. Nagito sebetulnya memiliki beberapa kostum alternatif berupa jaket dan setelan jas. Namun yang paling popular dan menarik adalah mantel warna hijaunya ini.

cosplay popular 2016 brave witches

Naoe Kanno Costume Set (Brave Witches)
Satu set kostum milik Naoe Kanno terdiri dari dalaman seperti baju safari, jaket, dan syal yang semuanya bernuansa kecoklatan. Selain cukup modis, kostum ini juga terlihat sangat hangat dan nyaman untuk ber-cosplay saat musim dingin.

cosplay popular 2016 kancolle

Training Cruiser Kashima Set (Kantai Collection)
Mungkin Kongou, Shimakaze, atau Yuudachi lebih dikenal dalam game Kantai Collection. Namun bicara cosplay, tampaknya kostum ala admiral yang lengkap dengan baret, dasi merah dan lencana milik Kashima ini memang terlihat lebih menarik.

cosplay popular 2016 girls und panzer

Kuromorimine Girls High School Panzer Jacket (Girls und Panzer)
Girls und Panzer adalah anime tentang siswi sekolah dan seni bertarung menggunakan tank. Kuromorimine Girl High School merupakan salah satu sekolah dalam anime ini. Seragam mereka berupa kemeja dan rok warna merah dan blazer warna hitam.

cosplay popular 2016 rem dan ram

Demon Twin’s Maid Costume Set (Re:Zero)
Menjadi salah satu anime mainstream di tahun 2016 membuat karakter Rem dan Ram banyak di-cosplay-kan. Sebagai pelayan, mereka selalu mengenakan kostum khas maid dua warna; yaitu hitam-putih. Perbedaan di antara mereka hanya warna rambut, pita, dan mata.

cosplay popular 2016 persona 5

Shujin High School Male Uniform (Persona 5)
Di Jepang, game Persona 5 telah rilis sejak September 2016 yang dibarengi dengan manga dan anime-nya. Karakter utamanya adalah Akira Kurusu. Sehari-hari dia memakai seragam sekolah berupa dalaman putih, blazer hitam dan celana motif kota-kotak.

cosplay popular 2016 love live sunshine turun peringkat

Uranohoshi Girls’ Academy Uniform (Love Live! Sunshine!!)
Penerus angkatan pertama Love Live! ini sempat meraih peringkat pertama sebagai cosplay terpopular di tahun 2015. Kostum mereka berupa seragam sekolah musim dingin lengan panjang warna krem dengan paduan rok abu-abu dan dasi merah.

cosplay popular 2016 high school fleet

Yokosuka Girls’ Marine High School Uniform (High School Fleet)
Meskipun sangat sederhana, namun kostum yang biasa dipakai oleh karakter utama, Akeno Misaki ini justru cukup popular. Kostumnya berupa seragam sekolah perempuan khas Jepang (model pelaut/kelasi) warna putih-biru dan dasi merah.

cosplay anime sound euphonium paling popular tahun 2016

Kitauji High School Summer Uniform (Sound! Euphonium)
Seragam musim panas Kitauji High School tak beda jauh dengan milik Yokosuka Girls’ Marine High School. Model khas pelaut/kelasi bernuansa pastel, putih, biru muda dan dasi pink. Kostum ini berhasil meraih peringkat pertama cosplay terpopular tahun 2016.

Jika melihat tiga teratas, semuanya merupakan kostum berupa seragam sekolah (seifuku) perempuan khas Jepang. Tahun lalu pun peraih peringkat pertama juga merupakan kostum seragam sekolah. Mungkin karena dianggap sederhana dan sangat sehari-hari, seifuku sering menjadi pilihan utama untuk ber-cosplay.