Cool! Fans Gunakan Rubik Cube Untuk Membuat Video Stop Motion Game Super Mario Bros

| Oleh: Yudi | 29 Dec 2016 - 3:00 PM
72
0
video stop motion mario untuk perayaan 30 tahun

Banyak yang bisa dilakukan untuk merayakan ulang tahun idola. Idola di sini tak harus berupa sosok manusia, melainkan bisa karakter anime atau game dan sebagainya. Biasanya, perusahaan dari franchise karakter tersebut akan mengadakan berbagai event khusus sebagai bentuk perayaan. Contohnya merilis film episode khusus, konten download gratis, hingga membuka themed café.

Penggemar pun tak ingin ketinggalan melakukan sesuatu untuk ikut merayakan ulang tahun idolanya. Seperti cara unik yang dilakukan oleh pemilik akun YouTube asal Jepang bernama jugglersynchro ini. Dua pria ini punya sesuatu yang tak biasa dalam merayakan 30 tahun kehadiran game Super Mario Bros.

ribuan rubik cube disulap menjadi video stop motion game super mario

Sebagai game yang hadir pertama kali untuk NES (Nintendo Entertainment System), Mario sangat lekat dengan ilustrasi pixelated (gambar dari gabungan kotak-kotak pixel kecil) 8-bit khas platform Nintendo. Hal tersebut yang sepertinya menjadi ide dasar dari kreasi jugglersynchro; menghadirkan adegan game Super Mario Bros dalam video stop-motion.

Meskipun video yang dihasilkan hanya berdurasi kurang dari dua menit, namun pembuatan dan persiapannya menghabiskan waktu hingga delapan jam. Lamanya waktu tersebut karena keduanya menggunakan mainan rubik cube sebagai objek videonya. Sebanyak 1.009 rubik cube diatur sedemikian rupa agar membentuk karakter Mario yang terkesan pixelated khas 8-bit.

Selain sulitnya mengatur warna dalam tiap rubik cube, mereka juga harus membongkar-pasang warna dan posisi agar Mario tampak seolah bergerak di dalam videonya. Mario turut hadir bersama kotak tanda tanya, jamur, dan Gloomba (musuh Mario). Ketika video stop-motion ini selesai, maka akan terlihat adegan pertama game Super Mario Bros yang pasti pernah dimainkan hampir semua orang.

fans habiskan delapan jam membuat video stop motion mario dari rubik cube

Adegannya berupa Mario yang berjalan, menyundul kotak tanda tanya, mendapat jamur, berubah menjadi besar dan bertemu Gloomba yang membuatnya kembali mengecil. Video diakhiri dengan sosok close-up Mario serta ucapan “30th Anniversary” dan “Congratulations!” yang juga dibuat dari rubik cube. Entah berapa banyak foto yang diambil untuk membuat video stop-motion ini.

Meskipun terbilang membuang banyak waktu, namun karya jugglersynchro ini sangat layak diapresiasi, terutama oleh penggemar Mario. Karena bukan hal mudah untuk membuat sosok Mario dan lainnya dengan menggunakan rubik cube yang hanya memiliki sembilan warna (pixel). Mereka juga terlihat sangat menikmati tiap proses pembuatannya. Agar tak semakin penasaran, berikut videonya.

masih tentang Mario, simak juga Dark Horse Comic dan Nintendo Terbitkan Ulang Ensiklopedia Super Mario Bros.